earth

Guestbook

/* Iklan google ads */
Tadi malam sobat saya dari Lembang, Sulawesi Selatan, mengirim message on the shoutbox yang bunyinya kira-kira begini: "Kang, lihat blog saya. Postingannya tidak muncul, yang ada cuma komentar. Tolongin ya...". Setelah membaca pesan itu sayapun bergegas menuju kesana. Namun sayang, di jalan terkena "macet". Untuk open page blog sobat saja membutuhkan waktu hampir 10 menit. Apa sebab? Ada dua hal yang menyebabkan "kemacetan" itu: Pertama, koneksi speedy di rumah sedang "lola" (loading lama), dan kedua, terlalu banyaknya script widget yang terdapat dalam blog sobat saya itu. Saya pun akhirnya usul supaya dia menghilangkan beberapa widget yang tidak penting (mengenai blog yang berat, akan kita bahas nanti).

Belum saja tuntas saya mengecek blognya, eh dia sudah mengirim pesan lagi yang menyatakan bahwa blognya ada yang "ngejailin" akibat dia kelupaan belum mengubah password-nya. "Maklum di rental", katanya.

Saya turut menyesal atas kejadian yang menimpanya. Bagaimana tidak, artikel-artikel yang ditulis dengan memakan waktu dan energi, hilang semuanya hanya gara-gara kelupaan mengubah password. Hal ini bisa saja menimpa sobat semua jika kita sering memamfaatkan komputer umum ketika "ngeblog", baik di rental, kantor, tempat kos, atau di rumah yang komputernya dipake secara bergiliran, seperti di rumah saya, hehehe...

Nah, untuk mengatasi hal serupa, kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut:
Duplikasi posting secara rutin
Lakukan duplikasi terhadap postingan setiap kali kamu memasukkan posting kedalam blog. Ada dua cara untuk melakukannya: pertama, dengan cara menduplikasi semua postingan, dan kedua, melakukan backup per-satuan postingan.

Untuk mengetahui cara pertama (menduplikasi semua hasil postingan), silahkan kamu baca artikel ini.
Sedang untuk cara kedua, sobat bisa melakukan langkah-langkah berikut:
  • Dari halaman dasbord blogger, pilih Edit Entri.
  • Kemudian klik Edit pada postingan yang akan di-backup.
  • Lalu pilih Edit HTML (jangan memilih Tulis (Compose) karena jika ada link dan gambar tidak akan ter-copy-kan).
  • Blok semua artikel dengan menekan Control A, lalu kopi dengan menekan Control C.
  • Selanjutnya buka aplikasi Notepad pada Program Accessories (bisa juga memakai aplikasi MsWord).
  • Paste artikel tadi (tekan Control V) lalu save.
Jangan menyimpan password di memory
Setiap kita masuk kedalam sebuah akun tentu kita akan memasukkan ID dan password kita. Dan biasanya setelah memasukkan itu, browser menanyakan apakah kita akan menyimpannya (remember) atau tidak. Jika kamu menggunakan komputer umum, pilihlah jawaban tidak (Not now atau Never for this site) supaya browser tidak menyimpannya di-Chookies, sebab jika memilih remember akan memudahkan pengguna lain memasuki akun kita.
Hapuslah Chookies dalam browser
Jika sobat sudah terlanjur menyimpan password, cobalah menghapus Chookies pada browser tersebut. Tapi ini belum tentu menjamin, karena jika configurasi system pada browser tersebut sudah diubah, biasanya password itu tetap ada pada memory-nya.
Untuk menghapus Chookies ini pada setiap browser berbeda-beda. Jika kamu ingin mengetahui caranya, silahkan saja Googling sendiri, hehehe... Karena jika dijelaskan disini harus dalam satu postingan khusus (sok tauk ya? hehehe...).
Ubah dan gunakan password tak lazim
Jika penghapusan pada Chookies masih tidak berhasil, ubahlah password kamu dan gunakan kata yang tidak lazim. Karena biasanya password yang dibuat umumnya menggunakan kata yang mudah ditebak, seperti tanggal lahir, nama anak, nama kekasih, nama panggilan, nama bintang pujaan, dan lain-lain. Karena itu gunakan password aneh, seperti: hayangngising, makandodol, pipisjam730, rieuthulu, dll. yang sulit untuk ditebak oleh orang lain, bahkan oleh orang terdekat kita sekalipun.

Ok coy... Mudah-mudahan ini dapat membantu kamu dan tidak ada lagi blogger yang dijailin seperti sobat saya dari Sulsel itu.
  • Artikel Terkait Dengan Blog Tutorials

    Terimakasih sudah membaca artikel SC Community's Blog

    10 komentar

    wah.. sangat bermanfaat bos ilmunya..
    iya nih sekedar buat jaga-jaga dan sebagai catatan saya supaya gampang diingat , soalnya caranya banyak ya?? hmmmmm minta izin save ya.....

    makasih bos udah berbagi..
    salam dari informasi peternakan ayam

    2 November 2009 21.06  

    aduh kang enes hatur nuhung atuh kang udah dibahas problem saya, template sayapun yang sekarang masih acak acakan yang penting selamat dululah postingnya dan langsung deh saya ubah password

    2 November 2009 21.49  

    bagus bgt info nya kang, bermanfaat bgt buat aku kang.
    makasih.....

    2 November 2009 22.09  

    Kasian banget ya sobat qt...
    Ceuk urang mah jang naon nya ngagawean blog batur, eh tp sy ge pernah kang baheula keur zaman sok ka warnet, profil FS aya nu ngajailan...
    Di edit geura jd suka cowo alias homo...kampring, kampring, hehe

    2 November 2009 23.29  

    Wah..,mlh baru tahu klo postingan bisa mpe ilang...
    jadi harus hati-hati nih...!!
    Thanks ya..., :) ;)

    3 November 2009 01.38  

    Mantap tipsnya. Blog BERSAMA DAKWAH dulu pernah error, semua postingan tidak bisa tampil, akhirnya pake cara konvensional. Menghapus blog lalu membuat lagi dengan nama yang sama.

    3 November 2009 10.59  

    thanks utk tipsnya.
    tapi saya heran..koq ada aja manusia yg suka iseng menjahili blog orang.
    ngga ada kerjaan, apa penyakit ya? :-

    6 November 2009 16.00  

    Saya kira ini postingan yang paling berharga buat saya, ijin copy untuk pribadi!

    13 November 2009 17.13  

    Mantab dagh..Info yg bermanfaat.
    Saya sudah join this site,
    join balik ya kang..(ngarep)
    Mapir atuh kang ke riefsaz blog
    Thx U

    19 September 2012 19.47  

    Tambahkan Komentar

    • Dimohon untuk tidak mencantumkan link aktif pada komentar sobat.
    • Gunakan Ruang Tanya pada TabView Menu, jika ingin menanyakan sesuatu yang tidak ada kaitannya dengan artikel di atas.
    Kang eNeS

    Terimakasih atas semua apresiasi yang sobat berikan.

    10 Artikel Terbaru

    10 Artikel Terpopuler