earth

Guestbook

/* Iklan google ads */
Cari-cari bahasan baru kadang membuat saya bingung. Mau nulis tutorial apalagi ya? Itu pertanyaan yang sering muncul. Lalu saya teringat blog sobat saya, Mas Munir. Di atas kotak komentar blognya ada link bertuliskan Form Komentar Klasik. Apaan nih? Saya coba klik. Ternyata eh, ternyata minuman itu haram, hehehe...

Rasa penasaran saya membuat saya melakukan inspect elements melalui Google Chrome terhadap komentar popup window (jendela munculan) ini. Dari situlah saya tahu bagaimana membuat link untuknya.

Dari hasil percobaan, ternyata yang terjadi bukan jendela munculan tapi malah jendela penuh. Lalu saya pun mencari tahu lewat si embah. Alhasil, ternyata setelah membandingkan hasil saya dengan hasil Mas Adi, ada kesalahan penulisan pada postID-nya.

Bagi kamu yang menggunakan format komentar disemat di bawah entri dan ingin menambahkan link untuk komentar popup window supaya yang menggunakan mobile phone bisa mudah berkomentar, ikuti saja langkah-langkah berikut:
  • Dari halaman dasbor, klik Tata Letak - Edit HTML.
  • Lakukan duplikasi template untuk jaga-jaga bila terjadi masalah.
  • Beri tanda centrang pada Expand Template Widget.
  • Kemudian cari kode berikut (gunakan Control F atau F3):
    <data:blogTeamBlogMessage/>
    
  • Jika sudah ketemu, tambahkan kode ini di bawahnya:
    <!-- Awal Form Komentar Popup -->
    <div style='margin-bottom:5px'>
    <a expr:href='"http://www.blogger.com/comment.g?blogID=nomor blogID&amp;postID=" +data:post.id+ "&amp;isPopup=true"' onclick='javascript:window.open(this.href,"bloggerPopup","toolbar=0,location=0,statusbar=1,menubar=0,scrollbars=yes,width=400,height=450"); return false;' title='Popup Window Komentar'>
    <b style='border:1px solid #c0c0c0; -moz-border-radius:5px; -webkit-border-radius:5px; border-radius:5px; padding:2px 10px; color:#333333; background-color:#f6f6f6;'>Form Komentar Munculan</b>
    </a>
    </div>
    <!-- Akhir Form Komentar Popup -->
    
  • Ubahlah nomor blogID, sesuai dengan nomor blogID kamu. Caranya, lihat blogID pada address bar seperti gambar berikut:
  • Jika kamu mau menghilangkan bingkainya, hapus saja semua kode yang berwarna biru
  • Simpan hasil kerjaan ini dan ucapkan Alhamdulillah.....

Sekarang kamu coba apakah link komentar popup window ini bekerja dengan baik atau tidak?

Ok, segitu aja sob. Selamat mencoba .....
  • Artikel Terkait Dengan HTML Tutorials

    Terimakasih sudah membaca artikel SC Community's Blog

    26 komentar

    horee pertamax ^0^

    oh kl pke hp mah susah y kang koment di kotak comment biasa @_@?

    ywd atuh nnti c saia cobian,,,nuhun kang enes ~_~


    Miss Rinda - Personal Blog

    18 Mei 2010 pukul 07.07  

    mak ada nama aku make link lagi jadi malu ah, eh iya aku salah lagi tuh nggak ngasi nama di situ bahwa hal ini aku adapat dari Ali mas adi, eh kok avatar aku nggak muncul lagi kan sejak ganti template

    18 Mei 2010 pukul 09.05  

    yah akang ko kode nya ga ketemu sih kang

    18 Mei 2010 pukul 09.47  

    Ternyata, kotak komen dibawah entry menyulitkan bagi pengguna HP ya..?
    Makasih ya utk ilmunya Kang.

    18 Mei 2010 pukul 11.38  

    wah keren juga nih sob, boleh d coba nih, tpkan dah ada yang d psemat dibawah entry

    18 Mei 2010 pukul 16.56  

    salamsobat
    ternyata bisa ya,buat link untuk komentar popup window.
    sip nanti saya ikut mencoba.
    trims bang Enes ilmunya.

    18 Mei 2010 pukul 21.01  

    oke dah aku akan upload foto di mybloglog foto waktu aku mudah tentunya supaya nggak kelihatan tuwir he he he

    18 Mei 2010 pukul 23.53  

    hatur nuhun Kang, ada ilmu baru lagi nih

    19 Mei 2010 pukul 09.26  

    tutorial mantap...^^

    19 Mei 2010 pukul 22.45  

    wah sepertinya menarik untuk diterapkan sob, semua demi kebaikan semua. thanks sharingnya
    Sukses slalu!

    19 Mei 2010 pukul 23.02  

    borw jangan pelit dong ko gak bisa copi scrif,blog km blh bgus tpi jangn pelit dong...berbago ilmu dong

    28 Mei 2010 pukul 14.26  

    kereeeeeeeeeeennnnn...desain blognya maaantaphh,, minta duplikasinya donk :p

    28 Mei 2010 pukul 17.32  

    Kelihatannya template kita sama, nih. Hanya yang blog Anda modifikasai templatenya lebih keren dari punya blog saya. He2.

    Mau nanya kalau memunculkan kotak new komen embbeded di bawah artikel seperti blog ini cara settingnya gimana, ya? Saya coba setting beberapa kali tapi error terus. Bisanya hanya disetting pada option Full Page dan Pop Up saja. Thanks sebelumnya.

    12 Juni 2010 pukul 08.27  

    Assalamu'alaikum,

    Haturnuhun pisan Pak Ustadz. Sekarang di atas kotak komentar LinkSukses.com ada alternatif untuk berkomentar via mobile atau kalau terjadi error pada kotak komentar lama, bisa menggunakan alternatif popup komentar.

    Salam kenal,
    Blogger Newbie Bandung.

    26 Juni 2010 pukul 11.35  

    Code yg dicari tidak ada... adanya ini : class='status-msg-hidden'><data:navMessage/
    tolong pencerahannya...

    2 Agustus 2010 pukul 00.06  

    keren tutornya...
    langsung coba
    makasih sobat

    16 September 2010 pukul 11.57  

    Pertma kali datang ke blog ini lewat diptara.com

    setelah mampir di sini , ternyata blognya kereeeeeen bgt..



    o iya makasih banyak mas,,, aku udah coba tips ini.. dan berhasil di blogku,,, salam kenal, salam persahabatan blogger

    10 Desember 2010 pukul 15.49  

    akang akang akang akang..postingannya bagus bagus
    untuk artikel ini saya juga merasakan hal yang sangat membantu.karena ketika saya hendak mencoba emoticon pada komentar blog sendiri,ketika hendak memilih 'beri komentar sebagai :'ternyata list box nya ga mau keluar.jadi saya menggunakan bantuan info ini

    saya juga mu minta tolong kang,tiap saya posting bahasa html,coding,atau script jadi terlihat tidak rapih kang karena akan keluar dari batas artikel.kemudian saya menggunakan blockquote tetap keluar.ada saran g kang coba cek halaman berikut http://www.ati-zone.co.cc/2010/12/menambahkan-widget-perubahan-bahasa.html

    15 Desember 2010 pukul 13.15  

    Manteb...udah kepasang manis di Blog aku...
    Suwun Om,,, :D

    8 Desember 2012 pukul 02.22  

    Saya coba ya.. n makasih infonya

    12 Desember 2012 pukul 17.43  

    Tambahkan Komentar

    • Dimohon untuk tidak mencantumkan link aktif pada komentar sobat.
    • Gunakan Ruang Tanya pada TabView Menu, jika ingin menanyakan sesuatu yang tidak ada kaitannya dengan artikel di atas.
    Kang eNeS

    Terimakasih atas semua apresiasi yang sobat berikan.

    10 Artikel Terbaru

    10 Artikel Terpopuler