earth

Guestbook

/* Iklan google ads */
Pada tulisan terdahulu saya sudah mengupas sedikit mengenai komentar ini. Namun ada baiknya tentang komentar ini saya ulas lagi. Bukan apa-apa, soalnya sering kali SC Community menjadi bahan bacaan dan rujukan sobat blogger namun jarang sekali ada komentar nongol di bawah artikel-artikel SC. Apa karena SC Community tidak pernah mencantumkan link posting ketika blog walking, atau karena takut dikira spam kalau nulis comment post di SC?

Terus terang, saya menulis artikel ini tidak dimaksudkan supaya banyak comment post di SC Community, karena sejak awal saya tidak begitu perduli dengan namanya comment post, followers, traffics, atau rank. Saya hanya ingin berbagi pengetahuan saja melalui blog ini. Karena pada awalnya SC Community hanya blog iseng yang diperuntukkan bagi SC members dunia nyata. Baru pada tanggal 23 Juni 2009 SC Community go public dan menjadi blog tutorial.

Saya menulis artikel, selain ingin berbagi pengetahuan mengenai komentar, juga karena rasa keheranan saya pada sebagian sobat blogger, soalnya tidak sedikit sobat blogger yang mengirim SMS dan email menanyakan masalah "ini" dan "itu" setelah membaca artikel-artikel SC, tapi setelah di cek ke postingan yang dimaksud, tak ada satupun basa-basi komentarnya. Heran? Kalau mereka dibilang New B sehingga tidak tahu akan pentingnya comment post, tidak juga. Saya cek blog-blog mereka ternyata malah New B-an saya dibanding mereka. Saya baru mulai belajar ng'blog bulan Februari 2009, sedangkan mereka ada yang dari Januari 2008. Aneh kan?
Mamfaat Comment Post
Apa sih untungnya comment post bagi reader? Paling tidak ada dua mamfaat bagi kita kalau menuliskan comment post di blog orang lain:
  1. Sebagai ungkapan terima kasih
    Sebagai reader, tentu saja menuliskan komentar di bawah postingan akan menunjukkan bahwa kita merupakan seorang pembaca yang baik, yang tahu diri dan tahu terima kasih. Dengan komentar tersebut kita turut mengapresiasi artikel orang dan sebagai bentuk ungkapan terima kasih atas pengetahuan yang diberikan oleh orang tersebut.
  2. Menaikkan Page Rank
    Dari berbagai sumber yang saya baca ternyata comment post dapat menaikkan page rank blog kita, apalagi jika blog yang kita beri comment post sudah menerapkan Dofollow. Mengapa? Karena dengan comment post tersebut, setiap blog yang ada komentar kita itu dibuka maka search engine akan membaca blogger profile atau URL blog kita. Karenanya, semakin banyak comment post kita maka akan semakin sering pula search engine membacanya. Misalnya dalam satu blog kita menulis 10 komentar pada 10 artikel maka search engine akan membaca blogger profile atau URL blog kita sebanyak 10 kali pula setiap blog tersebut dibuka.
    Berbeda dengan komentar yang ditulis di shoutbox. Jika kita menuliskan komentar di shoutbox maka search engine tidak akan membaca URL blog kita. Paling-paling search engine hanya akan membaca database situs shoutbox-nya saja.

Nah lho? Jadi mengapa harus pelit dengan komentar? Apa takut dibilang new B? Saya sendiri sering berkomentar terhadap artikel-artikel yang saya baca di blog orang, sekalipun artikel tersebut saya baca sepintas. Tapi jika tidak saya baca, ya saya juga tidak memberi komentar.

Ok brow, segitu saja infonya. Semoga dengan tulisan ini akan banyak komentar yang sobat tulis di setiap blog yang sobat baca. Ya... sekali mendayung dua pulau terlampaui. Berterima kasih sekaligus dapat bonus page rank, hehehe...
  • Artikel Terkait Dengan Seputar SEO

    Terimakasih sudah membaca artikel SC Community's Blog

    37 komentar

    Info yang bermanfaat, Kang. Mudah2an sih saya bukan termasuk yang pelit komentar yah; kalau ngga komentar biasanya karena koneksi internet sedang bermasalah.

    21 Oktober 2009 22.20  

    Ya mari kita beramai-ramai komentar pada blog lain...!!!!
    Thanks ya infonya...

    21 Oktober 2009 22.38  

    Akur kang. Makanya jangan pelit sama komen.
    Meski gw jarang ngblog tp klo mampir n baca artikel SC pasti gw komen.
    Goog info kang... Good pisan lah!

    21 Oktober 2009 23.16  

    aku ga bakal pelit lagi mas ....
    hhe???
    baru kali ini saya tau.
    soalnya yang selalu saya pikirkan hanya menambah konten dari blog saya.
    thanks ya mas atas informasinya ...

    http://semua-artikel-lengkap.blogspot.com

    21 Oktober 2009 23.56  

    wah baru tahu nih kang,kalo gitu saya rajin koment ah..sekalian silaturrahmi agar selalu terjaga...

    * Shoutbox sepi dong kang klo udah pada tahu tentang ini ...hehe

    22 Oktober 2009 07.52  

    Siiip lah, Kang.
    Jadi menurut akang, kalo nulis identitas kita setelah komentar mending pake google account atau URL?

    22 Oktober 2009 12.03  

    sip semoga saya juga bisa meningkatkan page rank ya!!

    22 Oktober 2009 12.40  

    Komentar naikkan page rank, menguntungkan bagi yang komentar, maka mari kita budayakan meninggalkan komentar sebagai wujud silaturahmi!

    22 Oktober 2009 14.27  

    aduh telat comment unk, t kabagean pincuk yh

    akhirnya rahasia unik c mbah tersingkap juga :D

    22 Oktober 2009 21.39  

    wah, postingan yang menarik, mas. selama ini saya komen di blog teman utk menjalin silaturahmi dan sekadar ikut nimbrung dalam diskusi topik yang ditawarkan dalam postingan.

    23 Oktober 2009 02.59  

    menarik nih informasinya........

    23 Oktober 2009 04.04  

    Satu lagi sobat tambahan (kalo boleh) untuk mempererat tali silaturahim juga tuk jalin persahabatan, karena dengan kita perbanyak silaturahim maka akan banyak manfaatnya seperti : akan memperpanjang umur (saling mendoakan), bertambahnya ilmu (saling berbagi informasi), menambah rezeki (saling mengajak untuk ikut berbisnis).... Trims yaa sudah mo berbagi ilmu

    23 Oktober 2009 09.02  

    bagaimana dengan saya sob kalau malas komment itu karena saya orang baru

    23 Oktober 2009 16.25  

    Jadi komentarnya masih sedikit

    23 Oktober 2009 16.26  

    wah thanks infonya! saya jadi tahu !

    24 Oktober 2009 20.58  

    Makasih info'a mas, biar ga terlalu ribet ma shoutmix jg.. hehe.. nice blog !

    26 Oktober 2009 01.50  

    oh, gitu ya bro..okeh deh baru tau neh sekalian koment, mudah-mudahan situ mao koment postingan di blog(www.movie-apik.co.cc) ane juga, hehe..thanks

    27 Oktober 2009 02.06  

    wah,masukan yg bagus nih.... kayanya harus sering jalan2 ke blog sahabat2 dan kasih komentr ah,siapa tahu mereka akan rajin koment jg ke blogku hehe...

    nice post sob....

    28 Oktober 2009 08.03  

    ...karena sejak awal saya tidak begitu perduli dengan namanya comment post, followers, traffics, atau rank.
    Edan boss,,,salut lah!!!Blogger ideal.
    Btw, SC ieu kontekstual jeung SC band teu?nu melodic tea????

    28 Oktober 2009 19.59  

    tapi skrg si mbah google udh apus sistem page rank?.

    30 Oktober 2009 10.04  

    thanks infonya broo... takut di bilang pelit gak comment nih..hiks.. maklum newbie nih broo..lam kenal..

    7 November 2009 19.33  

    ooo begitu... harus banyak komen dong ya?
    thank infonya sob

    7 Februari 2010 08.10  

    Seeep, . . .
    Jadi lebih ikhlas ngoment nya hhe, . . .

    31 Maret 2010 06.42  

    ya mungkin karena sehabis dapat ilmu baru terus mereka langsung coba aja jadinya lupa buat ngucapin terima kasih jd nya g ada comment..memang tdk baik hal demikian.
    tp untuk info ini..thanks bgt dah berbagi ilmu ya.

    31 Maret 2010 15.53  

    Waah.. tambah ilmu lagi nih. terima kasih kang enes. salam kenal aja dari saya, pemula yg baru belajar ngeblog..

    9 April 2010 14.13  

    ayo berkomentar ..nice info.www.berfingultom.com

    16 Juni 2011 13.32  

    Dapat ilmu lagi yach..Nampaknya sepele ternyata mempunyai peranan yang banyak.
    Terima kasih sobat atas berbagi ilmunya

    23 Juli 2011 20.11  

    Kunjungan persahabatan dari wahasik.blogspot.com ^^

    27 November 2015 06.20  

    Tambahkan Komentar

    • Dimohon untuk tidak mencantumkan link aktif pada komentar sobat.
    • Gunakan Ruang Tanya pada TabView Menu, jika ingin menanyakan sesuatu yang tidak ada kaitannya dengan artikel di atas.
    Kang eNeS

    Terimakasih atas semua apresiasi yang sobat berikan.

    10 Artikel Terbaru

    10 Artikel Terpopuler