earth

Guestbook

/* Iklan google ads */
Tulisan ini tidak dimaksudkan untuk menyinggung sobat blogger yang suka follow sana follow sini dengan harapan di-follow lagi, atau kepada mereka yang suka sedikit "memaksa" untuk di-follow: "I’ve followed you, You must follow me!" (maaf boss, jangan kesinggung ya, hehe...). Justru tulisan ini dimaksudkan supaya sobat blogger lebih cerdas dalam memilih (kayak iklan layanan Pemilu, hehe...) dan bersikap bijak dalam menentukan cara untuk menaikkan popularitas.

Memang ada sebagian anggapan bahwa dengan menjadi follower sebuah situs dapat mengangkat popularitas situs kita dan sekaligus menaikkan page rank. Padahal hal itu belum tentu benar karena siapa tahu si pemilik situs tidak mengijinkan follower-nya untuk di-indeks oleh search engine. Kalaupun diijinkan, bagaimana jika situs itu jarang dikunjungi oleh netter sehingga kita, sebagai follower, pun menjadi jarang di-indeks oleh search engine? Nah, lho?! Lantas bagaimana dong sebaiknya?
Jadilah Follower Yang Cerdas
Sesuai pengertiannya, follower adalah mereka yang tertarik (interest) terhadap suatu situs. Ketertarikan ini dapat disebabkan karena berbagai hal (hanya kamu, dan Tuhan, yang tahu kenapa jadi follower situs itu toh?). Karena itu, sebelum menjadi follower sebaiknya mempertimbangkan hal-hal berikut:
  1. Konten Situs
    Konten atau isi materi situs sangat penting untuk dijadikan pertimbangan karena setiap postingan situs tersebut akan muncul di dashboard blogger kita sehingga kita bisa mengetahui seluruh materi-ya tanpa perlu mengunjungi situs yang kita follow itu, bahkan kita bisa tahu jika ada postingan baru dari situs tersebut. Oleh sebab itu pilihlah situs-situs yang memang benar-benar kita butuhkan dan bermanfaat bagi kita supaya kita bisa menimba pengetahuan darinya.
  2. Meta Tag
    Jika kita ingin selalu terindeks oleh search engine setiap situs itu dibuka, periksa dulu meta tag-nya (mengenai meta tag sudah dijelaskan pada artikel Meta Tag Untuk Mendongkrak Popularitas Sebuah Situs) apakah follow-nya di-indeks atau tidak. Kalau tidak di-indeks? Ya, tergantung tujuan kita mem-follow situs itu. Kalau tujuannya ingin page rank kita ikutan naik, jangan harap deh. Tapi kalau tujuannya untuk menimba pengetahuan atau menjalin silaturahmi, ikuti aja coy sekalipun follow-nya tidak di-indeks.
  3. Hubungan Dekat
    Kerabat atau sahabat dekat perlu kita pertimbangkan untuk di-follow sekalipun situsnya tidak populer, kontennya biasa, dan follow-nya tidak di-indeks. Mengapa? Karena paling tidak, kita bisa melihat informasi dan perkembangan situs kerabat atau sahabat tersebut melalui dashboard blogger kita.
  4. Popularitas Situs
    Situs yang sering dibuka (populer) memang layak untuk di-follow jika ingin ikutan populer, tapi sayang kadang situs mereka tidak mengijinkan search engine untuk mengindeks follower-nya. Bahkan ada beberapa situs terkenal tidak menampilkan gadget follower di sidebar-nya, seperti situs milik Fanny, yang nulis buku Tutorial Blog, sehingga bagi blogger awam tidak bisa menjadi follower-nya (padahal kalo mau jadi follower-nya, tinggal memasukkan URL situs-nya di dashboard kita).

Jadi, jangan asal follow tanpa tujuan yang jelas. Apalagi mengharap kita di-follow balik dengan harapan kalau banyak follower akan banyak pemasang iklan (???) Tapi kalau tujuannya untuk silaturahmi, bagus-bagus aja tuh.....
Tukeran Link Lebih Baik
Daripada menjadi follower yang gak jelas tujuannya lebih baik tukeran link, karena link dalam bentuk apapun, baik berupa banner, link blogroll gadget, link marquee, link biasa, link di postingan, dll., akan selalu terindeks oleh search engine. Memang menurut Fanny, tukeran link saja tidaklah cukup untuk menaikkan page rank (I’m agree with her), tapi paling tidak melalui tukeran link ini akan membuat situs kita selalu terindeks ketika situs dimana link kita berada dibuka.
Berikan Award Kepada Mereka
Biasanya ketika kita mengajak tukeran link, belum tentu sobat blogger lain meresponnya. Karena itu berikan award kepada mereka karena biasanya mereka akan dengan senang hati menerima award tersebut. Jadikan award tersebut sebagai sarana untuk menyimpan link situs kita dengan cara membuatkan script link pada award tersebut (seperti script pada banner). Jadi jangan berupa gambar doang, seperti award yang diberikan Lina kepada SC Community (Untung saja aku baik hati, jujur, dan tidak sombong, hehe... Jadi aku tambahkan script link untuk award tersebut sebagai bentuk penghargaan buat Lina. Thanks ya Lin...).
Berkomentarlah Di Situs Lain
Menulis komentar merupakan sarana lain untuk menaikkan popularitas kita (mengenai hal ini silahkan baca Rahasia Menjadi Blogger Sukses di situs www.pusatgratis.com) karena pada saat kita menuliskan komentar, kita memasukkan akun email (kalau di Wordpress, Plasa, dan Friendster, plus menuliskan URL situs), sehingga dengan sendirinya blogger profile kitapun jadi terbaca oleh search engine, dan situs-situs (bagi yang membuat banyak situs dengan satu akun email) kitapun akan terbaca pula. Selain itu, menulis komentar inipun merupakan salah satu bentuk ucapan terima kasih atas pengetahuan yang diberikan oleh situs dimana kita membaca postingannya (Jadi, jangan pelit ma komen ya...).

Nah, sekarang tinggal bagaimana kita mengambil langkah cerdas dan bijak dalam menaikkan popularitas situs kita.
Pemberitahuan untuk sobat blogger:
Bagi yang mengajak SC Community untuk menjadi follower situs-nya, mohon maaf jika tidak di-follow karena SC hanya memilih situs-situs tertentu yang bermanfaat bagi admin-nya (kecuali milik kerabat dan sahabat), sekalipun follow-nya tidak di-indeks.
Terima kasih atas pengertiannya.

  • Artikel Terkait Dengan Seputar SEO

    Terimakasih sudah membaca artikel SC Community's Blog

    55 komentar

    setuju pak......karena follower itu merupakan suatu jaringan untuk menjalin persahabatan diantara blogger,... tapi banyak pula para blogger tidak mengerti apa yg di lakukan pada dasar-dasar blog sperti yg di terangkan diatas,....

    mantep pak artikelnya saluut....

    10 Juli 2009 23.43  

    bagus banget artikelnya nieh emang kita harus bner bner jadi follower yang cerdas bukan asal follow tapi gak berguna :D menjadi follower kan berarti menjadi pengikut :D bukan begitu :D

    11 Juli 2009 02.24  

    wah....mantab sekali infonya....

    11 Juli 2009 02.32  

    Hmm, ini hampir mirip kayak yang mereka yang sering maksa tukeran link. Padahal, yang ngajak tukeran link belum tentu mengunjungi blogroll-nya secara rutin.

    Bagi ane, ninggalin komentar di blog orang. Tapi syaratnya, orang yang kita kasih komentar seharusnya komentar balik di tempat kita, ya nggak bos?

    Selain itu, kita komentar juga di website yang banyak pengunjungnya (kalau ane sering ninggalin komentar yang rada kontroversial di TheJakartaPost.com-karena di situ ada kolom "homepage" jadi kita bisa numpang keren.

    Pernah juga suatu saat link tulisan ane dibahas sama orang manusia. Dia memasang link saya di postingnya dan tahu? dalam sehari ada 500 orang Malaysia datang dan baca postingan ane. Kebetulan juga sih, materinya tu ttg Indonesia dan Malaysia ttg Ambalat, tapi bukan hujat-hujatan melainkan rekonsiliasi atau aku nyebutnya "Constructive Journalism."

    Best regards,
    Irfan Melodic Nugroho
    http://melodic-4.blogspot.com
    http://news-fact.blogspot.com

    11 Juli 2009 17.21  

    salam sobat,,duuhh setuju banget nich,,trims infonya,,saya jadi lebih tahu tentang apa saja yang harus dilakukan sebagai seorang follower....siiip dan ok banget postingannya , baru satu blog keren ini yang menulis artikel tentang hal ini dari beberapa sobat blogger yang ikut follower saya di sana.

    11 Juli 2009 17.59  

    Trims tipsnya..jadi lbih dewasa Au..

    11 Juli 2009 23.35  

    Pertamaxxx No Premiummm.... Paman guru ...

    Sungguh Berilian Artikelnya ... , Sangat Memotivasi saya untuk Lebih Giat Belajar Tentang SEO nih ...

    Salam Silaturahmi paman guru

    12 Juli 2009 06.29  

    sipp bos nice post, tambah ilmu nih. mmg bener sebaikny link xchange :)

    12 Juli 2009 20.29  

    aduh sob telat baca ni info, lht sj blog ane ngikut seabreg blog (heheh1000x, mklum newbie, dasar newbie) hanya 1 or 2 or maybe ga ada sama sekali yg nglingk. HAHaaaaa. Sedakah sob...???

    13 Juli 2009 03.42  

    wah....bener nih postingannya...
    tapi sesekali kita ikutan jadi follower kan juga tidak masalah,yg penting kita iklas

    http://bisnisdanmarketing.blogspot.com

    13 Juli 2009 14.00  

    Bener banget tuh.

    tapi ini juga gak mwu kalah dalam menyampaikan informasi!!

    Alnect Komputer menawarkan modem sierra MURAH!! coco buat internetan kapan & dimana sj. Buat temen2 blogger diminta donk pendapatnya. trims!

    13 Juli 2009 14.41  

    Saya menyesal memfollow anda, saya juga menyesal membuka blog anda

    13 Juli 2009 14.57  

    saya sih setubuh banget untuk tidak maen folow-folowan. ngomong2 mau follow sa ga hehe..??

    14 Juli 2009 02.07  

    Info tambahan, mudah2an berguna. Untuk pengguna "rubah api" sebagai brosingan, ngebedain blogs yang follow sama dofollow amat mudah, donlot aja addons link dibawah ini

    https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/5687

    Caranya, setelah di donlot, restart "rubah api" nya, terus ke menu "tool" and tandai aja menu "nodofollow", nah... ntar keliat dech mana yang follow sama dofollow. Yang di kasih warna biru itu follow sementara yang merah dofollow.

    http://www.dbscikembar.blogspot.com

    14 Juli 2009 07.53  

    Aku juga sering tuh di suruh follow balik. Padahal menurutku, klo emang mau Follow ya follow aja tanpa harus mengharapkan imbalan.
    Toh klo Blog dia bagus, pasti banyak yang follow juga kok.....

    http://blog-akhwat.blogspot.com

    14 Juli 2009 10.29  

    Haiii..
    Wah bagus nih infonya sob... :)

    btw, di tunggu ya postingan berikutnya...

    14 Juli 2009 16.29  

    Hmm. gitu ya untuk yg pe-mollow .betul juga sih kadang disaat kita dipaksa jadi followers nya ada beban rasa .bagi yg minta tuker link aja kadang ada beban .tapi buat nyenengin aja ga apa2 .apalagi yg masih baru dan masih kosong followers nya.ga ada salahnya kok berbagi tdk sekedar berbagi award aja. asal jng sembarang follow aja kayak contoh blog yg mengandung fornografi .

    14 Juli 2009 18.37  

    Thanks bro atas infonya, artikel yang bagus...

    14 Juli 2009 21.19  

    Artikelnya bagus, lengkap pembahasannya, sangat bermanfaat buat newbie seperti aku, makasih sharingnya.

    15 Juli 2009 01.36  

    nice info,, makasih yah infonya,...

    15 Juli 2009 07.51  

    makanya harus ikhlas atuh.... hehehe,,,

    16 Juli 2009 08.57  

    ok sob,...thanks atas infonya...maklum..masih pemula...sekarang udah gw ubah...thanks ya...keep connect

    16 Juli 2009 09.28  

    Artikelnya sangat mencerahkan...

    17 Juli 2009 01.25  

    SC Community (Untung saja aku baik hati, jujur, dan tidak sombong, hehe...

    masalah comment/award kita setuju, tapi kadang ribet... isi ini itunya...

    Setuju dengan pernyataan ntu bos..., blognya ok, bahasanya asik...interaktif. thx bos.

    25 Juli 2009 15.42  

    Follow sareung dofollow... jiga iklan coklat wae, sim kuring mah teteup we bade nyeupeung follow kumargi emut saur kolot " seuuer rencang insya aloh seueur rizkina " da eta mah saukur kalakuan uwa google :)

    28 Juli 2009 22.08  

    owh, begitu..

    ya udah deh.. sekarang ga usah follow-followan lagi.. tapi tuker2an link..

    mantaps bro infonya..

    thanks dah sharing dan pasang link blog ku ya..

    2 Agustus 2009 18.09  

    Setuju ...
    kalau asal follow seolah-olah hilang substansi tujuan blog tersebut ...

    2 Agustus 2009 19.51  

    Oh kitunya, 3 x puasa 3 x lebaran karak nyaho ayeuna mantep2lah ulasanna jadi nambah elmu deui
    Geus lah di follow ku urg jeung pasang bannerna sakalian

    20 Agustus 2009 22.15  

    wah jadi tambah ngerti nih...makasih ya pak, saya berusaha smart tentang do follow deh mulai sekarang

    19 September 2009 05.54  

    bang itu cara bikin iklan banner kotak 3 baris(reviuwmu, adsensecamp n text link ads) itu gimana caranya ya? khususnya untuk blogspot ada nga yang bisa tinggal paste di widget? makasih

    6 Oktober 2009 11.42  

    Follow oh follow
    bila istanamu kau hias follow
    kutinggalkan jejakku disitu
    tak peduli follow atau nofollow
    yang penting kutanamkan persahabatan
    sebagai wujud silaturahmi
    dengan harapan banyak teman

    15 Oktober 2009 07.56  

    Aduh, makasih banyak ya infonya. Sungguh begitu mencerahkan, terutama bagiku yang newbie "oon" hehe.
    Jazakumullohu

    23 Oktober 2009 20.00  

    wih.. mantabs. gambalang banet penjelasannya

    30 Oktober 2009 17.10  

    sudah banyak yang aku praktekkan dari sini.. thx banget!!!

    25 November 2009 02.36  

    hmmm folowwers bermasalah juga! trim's tips nya!

    16 Januari 2010 11.50  

    Makasih sob infonya. Kalau aku sih ikut jadi follower suatu blog tu biar menambah teman dan tali silaturahmi antar sesama blogger. Jadi foolwer untuk bisa menaikkan page rank atau alexa tu ga terlalu penting, kan yang penting persahabatan tetap awet.
    Salam sukses Bisnis Simpel di Internet

    13 Februari 2010 19.41  

    Assalamualaikum wr wb, makasih infonya yang sangat bermanfaat, semoga jadi ladang amal ya.

    5 April 2010 21.30  

    Oh ya mas ku sudah pasang banner di blog

    5 April 2010 21.33  

    Langsung aja ah jadi Follower kang Enes he99,9x..

    9 April 2010 14.52  

    setuju sekali ......
    Terimakasih meskipun saya sudah mengikuti banyak blog ....

    9 Agustus 2010 11.39  

    Wah Ini Ifo bagus bngt Buat Bloger Pemula Seperti Dava ini,hehehehehehehehe,...
    Dava Dah Follow gan Cus Dava Suka dengan Semua Isi Artikelnya,Semoga Agan mau berkenan memfollow Balik,Dan Dava akan merasa senang bila gan ada sedikit waktu buat berkunjung ke blog pemula ini,dan semoaga agan juaga mau menerima award dari dava_line09.
    http://www.davasiappatahhati.co.cc/2010/08/free-award.html
    Sebelumnya terimakasih.

    17 Agustus 2010 19.46  

    thanks info.... bagi ifa smart mau di follow atau tidak nggak jadi masalah... yang penting dapat ilmu dari rekan2.... dan sekaligus silaturahmi itu yang penting!!!!

    20 Oktober 2010 07.56  

    bisa gak keluar dari follower,,aku emng sekarang milih2 kalau mau jadi follower beda dari yang dulu, asalan deh,,klo ngedelet caranya gimana ya

    28 Desember 2010 09.39  

    iya,,bener bangedmm
    aku baru nyadar,,thank's ya infonya..

    aku follow blog ini dehh,,aku tertarik ma isinya..

    20 Januari 2011 20.02  

    assalamualaikum wr.wb
    senang membaca artikel yang mas sampaikan, apalagi bagi saya yang masih pemula sebagai bolger dan tidak memiliki pengetahuan yang mumpuni tentang trik dan strategi dlam dunia bloger, untuk itu saya mohon pencerahan dari mas. melaui email yang sudah saya daftarkan.
    terimakasih
    wassalamualaikum wr.wb

    12 April 2011 00.14  

    Assalamu'alaikum
    terimakasih banyak, mas, udah berbagi ilmu. aku jadi semakin mudah mempelajari cara blog yg baik. ilmu nya bermanfaat.
    wassalamu'alaikum

    7 Mei 2011 15.45  

    Kalau q pnya situs ranking blog,.. seperti alexa,.. blogtopsites, dsb,..

    blog kang enes lngsung aku jadiin ranking satu dan aku yang kedua,..

    hahahahaha,..
    blog keren ustad,..
    baru kali ini ku nemuin ustad yng sangat jago nge-blog,..

    22 Mei 2011 13.16  

    wew . . manteb artikelnya, biar jadi lebih bijak ngeblog, nice share
    musti langsung jalanin yg "lebih baik" nya nih, langsung ke tkp ah daptar :p

    30 Mei 2011 22.03  

    ok artikel yang menarik, aku gak pelit komentar kok hehe, pagerank rendah gakpapa yang penting seo-nya oke :)

    28 Juni 2011 11.12  

    blognya keren..

    recommended banget nih buat tmn"ku ^^

    makasih infox..

    #keknyaBakalSeringKeSini ^_^

    28 Agustus 2011 06.06  

    makasih artikel yang sangat bagus, saya jadi tambah mengerti dan tambah ilmu. blog sobat sangat bagus dan menarik.

    11 Desember 2011 15.19  

    Jadi lebih bijak dalam memutuskan memfollow seseorang...
    suwun Om... :D

    8 Desember 2012 01.54  

    terima kasih informasinya mas

    16 November 2015 12.37  

    Tambahkan Komentar

    • Dimohon untuk tidak mencantumkan link aktif pada komentar sobat.
    • Gunakan Ruang Tanya pada TabView Menu, jika ingin menanyakan sesuatu yang tidak ada kaitannya dengan artikel di atas.
    Kang eNeS

    Terimakasih atas semua apresiasi yang sobat berikan.

    10 Artikel Terbaru

    10 Artikel Terpopuler