earth

Guestbook

/* Iklan google ads */

17 Tips Agar Halaman Blog Tampil Profesional

Sewaktu ngoprek komputer di tempat teman, saya menemukan sebuah artikel yang cukup menarik untuk dibaca, khususnya bagi blogger. Artikel ini berisi tips-tips bagaimana membuat tampilan sebuah blog menjadi kelihatan lebih profesional. Dengan rasa penasaran saya pun mencari sumbernya di internet. Ternyata tulisan ini pernah dimuat pada blog Top Aksesoris, sebuah blog yang sudah lama tidak aktif. Tapi mengingat tulisan ini sangat bermanfaat maka dengan sedikit melakukan editing pada redaksi dan menghapus beberapa paragraf dan kalimat yang saya rasa tidak penting maka saya muat lagi pada blog ini tanpa menghilangkan maksud dari tulisan aslinya. Selain itu, 17 tips yang disajikan mengingatkan saya pada tanggal keramat bangsa kita, 17 Agustus. Oleh karenanya saya men-set postingan ini pada tanggal 17 Agustus 2009, pukul 17.08.

Berikut akan disajikan 17 tips agar halaman blog tampil lebih profesional.
Selamat menikmati dan Dirgahayu Indonesiaku. Merdeka!!!
  1. Lakukan pengecekan pada beberapa web browser
    Tampilan halaman kamu begitu cantik di browser Firefox tetapi belum tentu bagus di browser IE, Opera atau browser yang lain. Ingat pengunjung blog kamu tidak hanya menggunakan satu browser saja. Untuk itu coba kamu lakukan pengecekan dengan browser yang berbeda, misalkan: Firefox, Flock, Chrome, IE, Opera, Safari.

  2. Pilihan warna pada blog
    Pemilihan warna memang susah-susah gampang semuanya tergantung selera pemilik blog. Jangan terlalu egois, pilih warna sesuai dengan tema blog kamu. Coba kamu pikir jika blog kamu tentang agama dengan pilihan warna hitam, terlihat janggal bukan! Kebanyakan warna hitam lebih cenderung ke blog yang bertemakan underground.

  3. Hindari memasang jam
    Tanyakan pada diri kamu sendiri apa gunanya memasang jam di blog kamu? Jika hanya sebagai pengingat waktu atau untuk mempercantik halaman sebaiknya tidak usah digunakan. Apa gunanya jam pada taskbar windows jika begitu? Yang jelas bakal bikin loading page kamu semakin berat.

  4. Hindari memasang kalender
    Apa gunanya kalender pada taskbar windows? Orang butuh informasi dari blog kamu bukan ingin melihat kalender. Kalender yang saya maksud adalah kalender umum, beda dengan kalender yang menampilkan sebuah posting (biasanya banyak digunakan pengguna wordpress).

  5. Hindari pemasangan jumlah pengunjung tetap
    Jika blog kamu merupakan blog baru maka jangan gunakan jumlah pengunjung (counter), ini akan berakibat penilaian yang buruk terhadap blog kamu. Walaupun untuk beberapa penyedia layanan counter menyediakan fasilitas untuk memanipulasi dan menambah jumlah pengunjung secara manual. Coba kamu pikir, blog yang baru dibuat sudah mencapai 100.000 pengunjung, apa itu mungkin?

  6. Jangan memelas untuk meminta mengklik iklan
    Hindari kata "klik iklan dibawah ini" atau bahasa apapun yang meminta pengunjung kamu untuk mengklik iklan. Sampai saat ini ada beberapa blog yang melakukan hal tersebut (maaf jika blog kamu termasuk dalam hal ini). Siapa sih didunia ini yang suka diperintah? Tanpa kamu suruhpun pengunjung bakal mengklik iklan tersebut jika dirasa berguna bagi mereka.

  7. Jangan memasang iklan yang berserakan
    Iklan yang banyak memang sangat menguntungkan, namun jangan sampai isi halaman blog kamu hanya berisi iklan dan iklan melulu. Pasang iklan sewajarnya saja. Dan tahukah kamu bahwa kebanyakan pengunjung sangat risih dengan adanya iklan yang telihat melebihi kapasitas dari isi halaman blog kamu.

  8. Hindari memasang lagu pada blog
    Selain membuat halaman blog kamu menjadi berat, menampilkan lagupun agak terkesan tidak profesional dan maaf agak terkesan jaman dulu (jadul). Tidak masalah jika blog kamu tentang musik atau blog personal tapi untuk blok bisnis kayanya kurang cocok.

  9. Menampilkan status IP pengunjung
    Blog kamu bukan program spy kan? Jadi lebih baik status IP pengunjung tidak usah dipasang agar pengunjung tidak merasa dimata-matai.

  10. Memasang widget yang tidak ada hubunganganya dengan blog
    Menambahkan widget memang menyenangkan tapi jika tidak ada hubungannya dengan blog kita malah akan terkesan aneh. Pasanglah widget sesuai dengan kebutuhan saja.

  11. Jangan hanya copy-paste
    Saya tidak melarang kamu untuk melakukan copy-paste. Tapi jika memang dilakukan, sebaiknya perbaiki juga code script atau naskah tulisannya. Hargai jerih payah penulis sebenarnya karena jika hanya copy-paste saja, tulisannya bakal terlihat tidak rapi dan kemungkinan gambar yang diikutsertakan tidak tampil.

  12. Perhatikan tanda baca
    Perhatikan tulisan kamu apakah sudah benar tanda bacanya atau belum. Kesalahan dalam titik koma saja akan berakibat mempunyai arti yang berbeda.

  13. Jangan gunakan gambar yang besar
    Gambar memang mempercantik halaman kamu, tetapi gambar yang besar justru akan menjadi bumerang buat loading page blog kamu. Yang jelas blog kamu pasti akan diabaikan untuk sementara waktu ketika loading page sedang berjalan.

  14. Periksa dead link atau broken link
    Link yang telah mati (dead link) atau rusak (broken link) bakal tidak disukai pembaca. Jangan kan pembaca, search engine pun tidak menyukai hal ini. Lakukan pengecekan terhadap dead link/broken link sesering mungkin. Banyak tools di internet yang bisa melakukan tugas ini.

  15. Jangan terlalu banyak memposting artikel orang lain
    Sering memposting artikel dari blog lain dengan cara copy-paste akan mendapat respon buruk dari pembaca, karena pembaca akan berpikir lebih baik membaca ke sumbernya secara langsung daripada membacanya di blog kamu.

  16. Selalu menyebutkan nama sumber artikel
    Blog yang profesional selalu menghargai jerih payah orang lain. Yang jelas menyebutkan nama sumber tidak merugikan kamu sedikitpun sebaliknya penghargaan atas jerih payah orang lain itulah yang membuat kamu terlihat lebih profesional.

  17. Berikan respon yang baik terhadap komentar
    Dalam merespon komentar, jangan pernah bersikap menggurui. Hargai semua komentar dengan bijak walaupun terhadap komentar-komentar yang menyebalkan sekalipun. Ingat, blog merupakan salah satu tempat untuk menuangkan semua ide dan pemikiran sehingga setiap orang pasti mempunyai pendapat yang berbeda-beda.

Nah, mudah-mudahan tips ini dapat bermanfaat bagi kamu semua.
Dirgahayu Indonesiaku. Merdeka!!!

Catatan Revisi:
Sumber asli yang sebenarnya besaral dari sang master, 0-om.com, bukan berasal dari blog Top Aksesoris yang saya sebutkan di atas.
  • Artikel Terkait Dengan Blog Tutorials

    Terimakasih sudah membaca artikel SC Community's Blog

    34 komentar

    salam sobat
    wah banyak juga ya,,ada 17 tips, agar halaman blog tampil profesional.
    blog saya sudah melanggar salah satunya ,,sudah pasang lagu,,,he,,he
    ya,,untuk hiburan sih,,,sobat.

    17 Agustus 2009 19.10  

    Bener semua... :)
    Tks Infonya,
    Mampir kl sempet ya.. :)

    17 Agustus 2009 21.33  

    Hebooh, 17 tips yg GOODDDDS

    2 Pilih warna, walah BUTA WARNA yh, serius, makanya warna seadanya. Untung kagak BUTA HEJO
    3. Betullll, Jam aye dr dulu di BUANG
    6. Untung kagak MEMELAS, Mo masang auto klik jg TATTUT di BANNED
    7 Iklan aye ACAK-ACAKAN kagak??? walo kagak di bayar, ISENG2 berhadiah weee :D
    14. Opo ye mksud DEAD LINK???
    17. Masa aye mengguruiiii??? AMPUN PARALUNNNS

    MERDEKA!!! HORE-HORE... 170809X

    17 Agustus 2009 22.00  

    wah artikelnya bagus. makasih ya infonya. aku kebetulan pasang counter. iya sih gara2 masih baru jadinya baru puluhan yang berkunjung hehe.
    Tapi emang terlihat ga fair ya, habis kalo liat punya orang kadang udah puluhan ribu, bisa karena blognya bagus, atau emang karena seperti yg kamu bilang kalo mereka manipulasi mulai counternya (mungkin). nice post dan salam kenal :)

    17 Agustus 2009 23.17  

    sippp deh infonya, pertamax banget
    ====================================
    visid me back and kasih komentar untuk postingan ku ini ya

    http://fikirjernih.blogspot.com/2009/08/rumah-indaman-yang-ingin-ku-wujudkan.html

    thank

    18 Agustus 2009 00.14  

    ada widget jumlah pengunjung, begitu kita refresh bertambah jumlahnya, jd bukan dari pengunjung.
    artikelnya bagus, makasih sharingnya.

    18 Agustus 2009 00.22  

    17 tips ini sangat bermanfaat. Thanks ya kang Enes udah posting ini untuk semua. Wah, kalo aku sih ada beberapa kayaknya yg perlu dihilangkan seperti jam, gambar besar dan perlu check broken link he he..

    18 Agustus 2009 00.31  

    Post yang toooop abis
    Nuhun sohb ....
    Semoga semua bisa kita praktekan
    dan profesional

    18 Agustus 2009 06.36  

    kereeennsssss... mantebs tips bloggingnya...

    setujuu banget sama yg nomer 15 dan 11... boleh copy tapi jangan paste...

    18 Agustus 2009 11.12  

    bagus neh...
    berguna bgt,saya baru mulai bikin blog neh..

    http://www.softmanc.blogspot.com

    18 Agustus 2009 20.03  

    makasih ya kak Tipsnya . jadi tambah ilmu lagi nih :)

    19 Agustus 2009 22.37  

    merdeka bung.....
    nice info . .

    :thumbsup:

    24 Agustus 2009 22.31  

    tips yang amat baik sekali untuk para bloger amalkan.

    25 Agustus 2009 18.59  

    Tips yang bagus bwt newbie kayak gw, biar lbh prof ya kang?
    Nuhun ah......

    30 Agustus 2009 19.39  

    thank boss...tuk infonya...maklum baru belajar ngeblog...hehehehe...

    8 September 2009 20.45  

    nais info gan... hehehe

    12 September 2009 00.18  

    hagus nih untuk saya blogger baru

    19 Oktober 2009 18.06  

    makasih bozzz atas infonya, saya merasa bersalah mengcopy hasil karya orang lain...

    15 November 2009 17.52  

    sob bgs banget tipsnya.... jdi nambh ilmu hhe makasih tipsnya... :)

    5 Februari 2010 21.11  

    mas misalnya saya mau bikin kotak link exchange ...........tukar ling supaya bisa di copy paste di bog orang lain gimana caranya yahh makasih ;;;;ahmadsyahbio.blogspot.com

    13 Februari 2010 19.21  

    coba tuk nerapin tips nya...
    terimakasih..

    16 Februari 2010 17.13  

    Sebenarnya Q dah baca postingan ini dari blog lain, tapi karena Q penggemar SC Community, yaa.. ikut comment aja disini. Boleh khan? he99,9x.. Jujur saja, Q rasa lebih nyaman mengunjungi blog ini walau di blog lain pun ada kesamaan tema dan/atau judul. JANGAN GE'er ya kang Enes hehehe..

    10 April 2010 11.33  

    Boleh lachh, . . .

    dpt pengetahuan,iseng" mampir. . .

    13 April 2010 21.28  

    Thank banget tipsnya mas..
    mampir juga ke BOOK ONLINE ya..
    www.atan-hacker.blogspot.com

    13 Mei 2010 14.10  

    yapz,.meski repost tapi posting ini memang plu banget bwt para blogger,.khususnya yg newbie kyak saya,.salam knal smuanya,.klik namaku aj untuk liat sektor biru.thx

    17 Mei 2010 14.06  

    Sarannya menarik. Thx bwt memajangnya disini. Saya juga sedang mikir desain theme yg bagus untuk blog saya yg fokus membahas seputar fauna & sejarah

    27 Juni 2010 13.41  

    makasih k..perlu evaluasi lagi neh..
    klo sempat jln' ke sini www.ati-zone.co.cc

    7 Agustus 2010 23.29  

    Baguuuuus....
    dikasih scrip anti copy adja za gan biar ngg copas. heheeeee

    2 Februari 2011 22.19  

    mmpir lo smpat ya,mang blogq mc di blang pemula,blum ngrti apa2,aq hanya tertrik ja mmsang jam&kalender di blog,untk ksngan ja,kpan2 aq copot ja y

    3 November 2012 15.57  

    Tambahkan Komentar

    • Dimohon untuk tidak mencantumkan link aktif pada komentar sobat.
    • Gunakan Ruang Tanya pada TabView Menu, jika ingin menanyakan sesuatu yang tidak ada kaitannya dengan artikel di atas.
    Kang eNeS

    Terimakasih atas semua apresiasi yang sobat berikan.

    10 Artikel Terbaru

    10 Artikel Terpopuler