earth

Guestbook

/* Iklan google ads */
Tulisan yang terlalu panjang dan tidak menggunakan readmore akan membuat para “pelongok” blog kamu kesulitan untuk mencari tahu tulisan-tulisan terbaru kamu. Belum lagi jika posting yang ditampilkan pada blog kamu lebih dari atau sama dengan default blogger, yaitu 7 posting. Wah, bisa-bisa blepotan keringat deh yang nengok blog kamu. Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa menambahkan Recent Posts pada sidebar blog kamu. Dengan adanya Recent Posts ini, setiap pengunjung blog kamu dapat melihat tulisan-tulisan terbaru kamu melalui judul dan ringkasannya yang nampak. Jadi tidak harus membuka arsip blog, apalagi menarik scroll ke bawah untuk melihat-lihat tulisannya, karena biasanya dari judul saja orang sudah bisa mengira isi tulisan tersebut.

Lalu apa gunanya Recent Comments? Nah, untuk yang satu ini mamfaatnya adalah untuk mengetahui komentar-komentar terbaru yang masuk kedalam blog kamu, sehingga kamu bisa sedikit mengukur seberapa banyak orang yang membaca tulisan kamu dan memberi komentar terhadap tulisan tersebut. Atau bisa juga untuk mengetahui kadar mamfaat tulisan kamu dari komentar-komentar yang ada.

Untuk menampilkan Recent Posts dan Recent Comments ini ada dua cara. Cara pertama menggunakan gadget Blogger, dan cara kedua menggunakan Javascript. Pada tulisan kali ini akan dibahas bagaimana cara menambahkan widget Recent Post dan Recent Comments dengan menggunakan Gadget Blogger.

Menampilkan Recent Posts dan Recent Comments dengan menggunakan gadget blogger sebenarnya cukup mudah dan langkah-langkahnya pun hampir sama. Bedanya hanya pada URL feed. Berikut adalah langkah-langkahnya:
  • Dari halaman Dashboard blog kamu pilih Tata Letak (Layout).
  • Setelah masuk ke Elemen Halaman, klik Tambah Gadget.
  • Setelah itu pilih Feed untuk ditambahkan, seperti nampak pada gambar berikut:

  • Kemudian masukan URL feed pada kotak seperti nampak pada gambar berikut ini:

  • URL Feed untuk Recent Post:
    http://nama blog kamu.blogspot.com/feeds/posts/default
    URL Feed untuk Recent Comments:
    http://nama blog kamu.blogspot.com/feeds/comments/default
  • Klik Lanjutkan dan pilih banyaknya judul posting atau komentar yang kamu inginkan, lalu Simpan.

Kelemahan dari cara ini adalah keterbatasan banyaknya judul posting dan komentar yang ditampilkan, yakni maksimal 5 buah. Jika kamu ingin menampilkan lebih banyak Recent Posts dan Recent Comments sebaiknya menggunakan Javascript.

Nah, selesai dah. Kamu bisa mengatur letak gadget tersebut sesuai keinginan kamu dengan cara men-drag-nya (memindahkan dengan cara digeser).
Selamat mencoba.....
  • Artikel Terkait Dengan Blog Tutorials

    Terimakasih sudah membaca artikel SC Community's Blog

    1 komentar

    hatur nuun kang tos di cobian..

    27 November 2009 20.46  

    Tambahkan Komentar

    • Dimohon untuk tidak mencantumkan link aktif pada komentar sobat.
    • Gunakan Ruang Tanya pada TabView Menu, jika ingin menanyakan sesuatu yang tidak ada kaitannya dengan artikel di atas.
    Kang eNeS

    Terimakasih atas semua apresiasi yang sobat berikan.

    10 Artikel Terbaru

    10 Artikel Terpopuler