earth

Guestbook

/* Iklan google ads */
Banyak jalan menuju Roma. Begitulah kata sebuah pepatah. Demikian juga banyak cara untuk mengungkap jati diri para blogger. Salah satu cara yang biasa digunakan adalah dengan menyebarkan sebuah tag. Jika dulu saya mendapatkan "Tag Wuemay", saya istilahkan demikian, yakni tag yang mengungkap tentang kebiasaan, kesukaan, harapan, dll. Kali ini saya mendapatkan "kehormatan" (bisa juga kesialan, hehehe...) dengan dihadiahi sebuah tag dari Ceu Annie. Tag ini saya istilahkan "Tag Blogger" karena akan membuka "kedok" dibalik blogger profile dan blog title seorang blogger.

Penasaran kan ingin tahu wajah ganteng dan cakep (baca: gangguan telinga dan cacat kepala) dibalik profile saya?. Kalo penasaran, silahkan baca dan beri komentar dukungan supaya saya terpilih jadi Bupati, hehehe....

Ini dia tag-nya. Selamat menikmati, hehehe...

1. Apakah nama profile blog-mu? Apa artinya?
eNeS. Biasanya kalo saya nulis, pake inisial ini. Sekalipun saya punya dua panggilan, yaitu e'Peace (baca: ipis. Dalam Bahasa Indonesia berarti tipis, karena badan saya yang memang tipis alias kurus, hehehe...) dan eNeS, tapi saya lebih memilih eNeS karena inisial ini merupakan kependekan dari nama asli, Nandang Solehudin.

2. Apakah nama blog-mu, apa artinya dan mengapa dinamakan seperti itu?
SC Community. Dinamakan demikian karena tadinya blog ini diperuntukkan bagi komunitas SC (Salman Club), sebuah klub belajar Matematika dan Fisika gratis yang pernah saya kelola (sayang 2 tahun belakangan vakum), karena banyak alumni SC yang ingin belajar "ngeblog", bahkan ada di antara mereka yang lumayan serius, sebut saja: Dorus, Oema, Andika, Pasti, Herwan, dan beberapa orang lagi yang masih menjajal.
Istilah SC sering diplesetkan jadi Sendal Capit karena saya, sebagai "Master of SC", begitu anak-anak SC biasa menyebut (bukan master blog lho!), kemana-mana selalu memakai sendal capit (sendal jepit), maka jadilah blog ini SC Community, yang merupakan singkatan dari Sendal Capit Community, dan "go public" tangal 23 Juni 2009.

3. Sejak kapan mulai tertarik untuk membuat karya tulisan?
Sejak kelas 1 SMP saya sudah biasa menulis, khususnya nulis puisi. Sedangkan untuk menulis artikel saya mulai sewaktu kuliah dengan menulis beberapa artikel di tabloid fakultas. Setelah jadi "ustadz", saya mulai menulis cerpen dan cerbung untuk mengusir kejenuhan, hehehe...

4. Apa motifasimu membuat blog ini?
Seperti sudah disebutkan pada jawaban pertanyaan nomor 2, motivasi asalnya untuk berbagi pengetahuan seputar blog dengan alumni SC yang tersebar di berbagai SMA/SMK, Perguruan Tinggi, dan Perusahaan. Namun kesininya, motivasinya berubah menjadi sekedar iseng untuk mengusir kejenuhan selepas rutinitas kerja sehari-hari.

5. Siapa yang menginspirasimu untuk membuat blog?
Seorang penceramah pada pembekalan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) di Sekolahku. Beliau menyuruh membuat blog Sekolah agar informasi tentang sekolah bisa diakses dimanapun. Pada saat itu tak ada satu orang pun yang bisa membuatnya, termasuk guru TIK-nya. Karena itulah saya merasa tertantang untuk membuatnya. Prinsip saya (dan ini menjadi salah satu prinsip anak SC): "Jika orang lain bisa, pasti sayapun bisa. Jika orang lain tidak bisa, saya tetap harus bisa", yang dalam bahasa saya: "Batur ngadahar kejo, dek ngadahar kejo. Mun batur becus, dek ge pasti becus". Alhamdulillah, meskipun dengan atog-atogan (tertatih-tatih), akhirnya saya bisa membuat blog SMPN 1 Cikembar, tempat kerja saya.

6. Siapa(-siapa) teman bloger yang mengajari dan membantumu membuat blog? (say something for appreciation)
Pada dasarnya tidak ada seorang temanpun yang mengajari dan membantu saya dalam membuat blog. Saya belajar membuat blog secara otodidak dan melakukan percobaan-percobaan dengan "mengacak-ngacak" template untuk bisa memahami bahasa CSS (Cascading Style Sheet) dan HTML (HyperText Markup Language). Tapi untuk beberapa hal yang tidak saya mengerti, saya selalu menanyakan kepada si mbah Google, biar dia sendiri yang memberi petunjuk situs mana saja yang bisa memberikan jawaban terhadap pertanyaan saya.

7. Sekarang sudah punya berapa blog? Apa aja?
Sebenarnya saya memiliki 3 buah blog: Dua di blogger/blogspot dan satu di wordpress. Yang di blogspot adalah SC Community dan Sastra Culun, sedangkan yang di wordpress adalah Sendal Capit. Namun sayang, yang di wordpress, sejak dibuat setahun lalu belum dikutak-katik lagi apalagi diisi dengan tulisan. Maklum, dengan dua blog di blogspot saja sudah kerepotan, hehehe...

8. Pertanyaan-pertanyaan di atas dihibahkan kepada
Kang Rahmat, Miss Rinda, dan Teh Izzah. Semoga saja ketiganya tidak keberatan dan mau menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas.

Segitu aja informasi tentang Kang eNeS anu kasep tea, hehehe....
  • Artikel Terkait Dengan Bewara

    Terimakasih sudah membaca artikel SC Community's Blog

    12 komentar

    Pertamax kang..

    Ooh gitu toh..hmm, baru ngeh nih..Salut

    22 Mei 2010 pukul 16.08  

    haha ... sial ya Kang dapet tag???
    tapi tengkyu ya sudah dikerjakan, hehe ... e'Peace? Piiis ah

    22 Mei 2010 pukul 16.56  

    sanajan bari jeung rada era oge(soalna kudu buka kartu), nya di tampi we...hatur nuhun kang, padahal award ti si akang oge teu acan di posting2 acan, keun we engke urang kumpulkeun heula.

    satuju kang antara kehormatan dan kesialan he..he..piss ah.

    22 Mei 2010 pukul 17.57  

    Tag yang bagus, saya juga mendapatkan dari Bang Iwan, sudah lama tapi belum kukerjakan maaf Bang Iwan! lho emangnya ini blog nya Bang Iwan! Sukses Bang Enes selamat bermalam minggu!

    22 Mei 2010 pukul 20.37  

    Sepertinya aku baru tahu kepanjangan dari CSS dan HTML disini deh... hahaha
    Semoga tetap semangat utk ngacak2 template utk memecahkan berbagai masalah yg ada... shg kalau sewaktu2 aku tanya lagi Kang Enes udah punya jawabannya... *kabuuurrrr*

    22 Mei 2010 pukul 21.10  

    deuh blogna makin keren aja nih...hihihihi

    23 Mei 2010 pukul 11.41  

    eleuh yg ini mah udah dapet kang enes,kumaha atuhnya binun c eneng yeuh @_@?

    With Love,

    |
    |
    V

    Miss Rinda - Personal Blog

    23 Mei 2010 pukul 18.02  

    wah betul-betul sudah membongkar jati diri nih "saha ngarang kang" Nandang Solehuddin" Kasep kasep

    24 Mei 2010 pukul 04.44  

    kuring ijin tenjo blog wordpres akang ya penasaran kumaha isina

    24 Mei 2010 pukul 04.46  

    Tambahkan Komentar

    • Dimohon untuk tidak mencantumkan link aktif pada komentar sobat.
    • Gunakan Ruang Tanya pada TabView Menu, jika ingin menanyakan sesuatu yang tidak ada kaitannya dengan artikel di atas.
    Kang eNeS

    Terimakasih atas semua apresiasi yang sobat berikan.

    10 Artikel Terbaru

    10 Artikel Terpopuler