earth

Guestbook

/* Iklan google ads */
Sekitar sebulan lalu, ketika berwara-wiri di dunia luna maya, saya membaca sebuah postingan sobat blogger yang isinya menjelekkan blog lamanya dan memuji blognya yang baru. Padahal blog yang barunya ini, menurut dia, sempat dikutuk abis dan dijelek-jelekan. Apa pasal? Sebabnya adalah hasil pengecekan rank dari kedua blognya tersebut menunjukkan nilai yang berbeda, terutama pada Traffics Ranking Alexa. Dia merasa bangga dengan blog barunya karena Traffics Ranking Alexa-nya begitu besar hingga jutaan, sementara blog lamanya malah cuma ratusan ribu. Akhirnya diapun memutuskan untuk melanjutkan blog barunya dan mengabaikan blog lamanya.

Apakah keputusannya salah? Tentu saja tidak. Adalah hak owner (pemilik) untuk memilih blog mana yang ia inginkan. Yang keliru hanya pada pemahaman mengenai Traffics Ranking Alexa. Kekeliruan ini terjadi karena dia telah menyamakan cara menilai Traffics Ranking Alexa dengan Google Page Rank.

Kasus kekeliruan di atas mungkin juga terjadi pada sobat blogger yang lain. Karena adanya informasi yang salah dari beberapa penulis yang menyamakan cara penilaian Traffics Ranking Alexa dengan Google Page Rank. Padahal keduanya sangat berbeda jauh, baik dalam hal rank-nya maupun pada skala nilai yang digunakan.

Perlu sobat blogger ketahui bahwa cara penilaian Traffics Ranking Alexa tidak sama dengan cara yang dilakukan oleh Google Page Rank. Jika pada Google Page Rank, semakin sering situs itu dikunjungi/dibaca maka peringkatnya akan naik. Kenaikan ini diukur dengan menggunakan sekala 0 s/d 10. Sedangkan pada Traffics Ranking Alexa adalah kebalikannya. Cara penilaiannya mirip dengan Technorati Blog Rank, yakni semakin sering situs itu dikunjungi/dibaca maka Traffics Ranking Alexa-nya akan semakin kecil. Dan angka yang digunakan untuk peringkatnya menggunakan kisaran antara puluhan juta hingga satuan. Jika diibaratkan, Traffics Ranking Alexa ini (begitu juga dengan Technorati Blog Rank) seperti menentukan siswa terbaik di dalam kelas. Semakin kecil rankingnya maka semakin pintar siswa tersebut. Sedangkan Google Page Rank mirip seperti perolehan nilai ulangan. Semakin besar nilainya maka semakin pintar siswa tersebut.

Nah, mudah mudahan dengan tulisan singkat ini sobat blogger bisa lebih memahami perbedaan antara Traffics Ranking Alexa dan Google Page Rank sehingga tidak ada lagi kasus seperti yang saya sebutkan pada awal tulisan. Sungguh sangat disayangkan jika sobat blogger di atas mengabaikan blog lamanya yang justru sudah memiliki nilai yang bagus dengan Traffics Ranking Alexa-nya yang semakin kecil.

Catatan tambahan:
Jika sobat blogger merasa penasaran dengan penjelasan di atas, silahkan cek blog sobat dengan menggunakan layanan Popuri, lalu bandingkan blog sobat dengan blog yang sudah terkenal, seperti O-om.com, Trik & tips Blogging, atau yang lainya.

  • Artikel Terkait Dengan Seputar SEO

    Terimakasih sudah membaca artikel SC Community's Blog

    10 komentar

    hehe2010x
    Setiap ke sini pasti info baru, baru lagi. Mikirin PR or Traffik kadang pusing 7 TURUNAN...., nyari2 trik JETU malah tambah pusing 7 RT, KAGAK ada yg ngasih lagiiii. yang ada CUMA PASARAN BIN PAS-PASAN :D

    Ahh mending mikirin posting JETU n bermanfaatttss. tul kagaaak???

    MERDEKAAAA HEHE.... !!!!!

    16 Agustus 2009 14.22  

    nu penting mah isi artikel na kudu alus, ulah posting asal-asalan dan teu kudu kopi paste nya... betuuuulll (aa jimmi mode=on)

    16 Agustus 2009 16.30  

    mantap sob,,
    kirain itu traffik makanan khas mks,, :D :D :D

    piss !!

    salam kenal !!

    17 Agustus 2009 11.03  

    sekali lagii ahh

    MERDEKAA !!

    17 Agustus 2009 11.04  

    wah, jadi lebih tau nih.. salam kenal ya??

    17 Agustus 2009 16.56  

    Betul, Tks Infonya..

    Salam

    18 Agustus 2009 13.47  

    Untuk menghindari hal-hal seperti ini pulalah yang menjadi alasan kenapa aku selalu memilih googling dulu, sebelum memutuskan untuk mengikuti berbagai jenis tips SEO. Selidiki dan pelajari terlebih dahulu, baru diikuti ^_^

    Salam

    18 Agustus 2009 15.49  

    gitu yah gan... :D :D kirain sama aja

    thank's gan info nya

    25 Agustus 2009 09.20  

    Betul tu...tapi ku gak suka sama PR ...bosan liat angkanya tiba2 naik...tiba2 anjlok...

    Thanks ceritanya

    25 Agustus 2009 11.20  

    Tambahkan Komentar

    • Dimohon untuk tidak mencantumkan link aktif pada komentar sobat.
    • Gunakan Ruang Tanya pada TabView Menu, jika ingin menanyakan sesuatu yang tidak ada kaitannya dengan artikel di atas.
    Kang eNeS

    Terimakasih atas semua apresiasi yang sobat berikan.

    10 Artikel Terbaru

    10 Artikel Terpopuler