earth

Guestbook

/* Iklan google ads */
Beberapa hari kemarin Google meng-update Page Rank untuk semua situs yang ada di jagat luna maya ini. Dan sebagaimana biasanya, dari hasil peng-update-an ini ada situs-situs yang naik peringkat, diam di tempat, atau malah turun tergantung dari penilaian dari si empunya Ranking, Mr. Page.

Pada kesempatan ini saya akan mencoba menelisik cara penilaian Google dalam menentukan Rangking. Karena saya heran, beberapa situs para master, yang traffic alexa-nya sudah belasan ribu, tidak dinilai secara signifikan, seperti situs milik Mas Agus (www.o-om.com) yang PR-nya turun dari 3 menjadi 2 dan situs milik Kang Rohman (kolom-tutorial.blogspot.com) yang PR-nya tidak beranjak dari 3. Sedangkan blog ecek-ecek, seperti SC Community, malah naik peringkat.

Berangkat dari peristiwa tersebut saya berasumsi bahwa penilaian Google dalam menentukan Ranking tidak terlepas dari 3 faktor, yaitu: orisinalitas, backlink, dan template. Tentu saja ini masih sebatas asumsi pribadi, yang tidak didukung oleh pengetahuan memadai. Maklum, saya bukan pakar atau master di bidang internet.
Orisinalitas
Orisinalitas (keaslian) sebuah tulisan menjadi salah satu faktor penentu dalam penyusunan Ranking yang dilakukan oleh Google. Google akan memeriksa seluruh konten dari sebuah situs dan melihat apakah telah terjadi tindakan plagiasi atau tidak. Jika terjadi plagiasi maka Google akan menganggap bahwa konten situs tersebut sudah tidak orisinil lagi sehingga kurang (tidak) layak untuk diberi nilai plus.

Seperti yang terjadi pada o-om.com, misalnya. Situs ini belakangan telah berubah menjadi situs terbuka yang siapa saja bisa mengirimkan artikel kesana sehingga dimungkinkan terjadinya artikel ganda, yang satu dimuat di situs milik si penulis dan satu lagi dimuat di situs o-om.com. Dengan adanya artikel ganda ini, mungkin, Google beranggapan bahwa o-om.com telah melakukan plagiasi terhadap artikel-artikel yang dimuat pada situs lain sehingga Google tidak memberikan Ranking memadai. Bahkan sebaliknya, Google menghukumnya dengan menurunkan Ranking.
Backlink
Bagi master sekelas Mas Agus dan Kang Rohman, mungkin hanya sedikit sekali melakukan link exchange (tukeran link), bahkan mungkin tidak sama sekali, sehingga backlink yang mengarah ke situsnya hanya dari situs-situs yang secara sukarela memasang link situsnya (www.o-om.com dan/atau kolom-tutorial.blogspot.com). Hal inilah, barangkali, yang membuat situs mereka kurang mendapat perhatian dari Google ketika peng-update-an Page Rank. Berbeda dengan situs-situs kelas teri, seperti SC Community, yang banyak melakukan tukeran link.

Link exchange sangat diperlukan untuk mendongrak popularitas situs (sekalipun bukan satu-satunya cara). Namun link yang terpasang pada halaman artikel (posting) tidak berpengaruh banyak terhadap backlink. Berbeda jika link tersebut diletakkan pada halaman muka (sidebar). Apa sebab? Karena link yang terpasang pada halaman posting hanya akan terindeks jika halaman tersebut dibuka sedangkan link pada halaman muka akan selalu terindeks setiap situs tersebut dibuka (Coba saja cek page source halaman utama (muka) situs yang menyimpan link pada postingan lalu cari link sobat, ada gak link-nya? Bandingkan dengan page source halaman utama situs yang menyimpan link pada sidebar).

Memang memasang link pada halaman posting memiliki keuntungan bagi si pemilik situs: Pertama, tidak membebani pada saat loading page (terutama jika link tersebut berbentuk banner) dan kedua, dapat mengirit halaman sehingga kolom sidebar dapat dimamfaatkan untuk kegunaan lain. Namun bagi si pemilik link kurang memiliki dampak untuk terjadinya backlink.
Template
Mungkin aneh jika menganggap template berpengaruh terhadap Page Rank. Tapi ini adalah kejadian nyata pada blog Sastra Culun. Ketika Sastra Culun menggunakan template Jeans3c, Page Rank-nya sudah 2 (dua), namun setelah ganti template, Page Rank-nya malah menjadi N/A (Not Applicable) alias tidak aplikatif terhadap Google Page Rank. Dari sinilah mula anggapan bahwa template memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap Page Rank. Template yang tidak friendly mungkin akan sulit untuk mendapatkan Ranking karena tidak applicable dengan mesin si mbah.

Ketiga faktor di atas bukanlah sebuah upaya untuk mamatahan ngojay ka meri (menggurui para pakar) tapi sebatas asumsi pribadi yang didasarkan pada pengalaman (bukan berdasar pengetahuan). Apakah hal tersebut benar atau salah masih memerlukan pembuktian. Barangkali supaya lebih jelas dan gamblang kita harus bertanya kepada Mr. Page, hehehe....

Ok, segitu aja infonya sob. Semoga bermanfaat .....
  • Artikel Terkait Dengan Seputar SEO

    Terimakasih sudah membaca artikel SC Community's Blog

    48 komentar

    -_-_-_-_-_-_- cosmorary.com -_-_-_-_-_-_-
    *******Salam ‘Blog’!!*******
    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

    Benar apa petuah mas di atas,,,saya rasa memang alasan itu juga yg bikin naik, statis, atau mudunnya rapor pagerank...
    BTW,SELAMAT ya...PRnya dah 4...

    Oh ya, kang,complain aku yg sejak dulu kok belum direalisasikan..
    Ini lho...
    kotak komentar akang tidak ada fasilitas insert URL, so saya terpaksa pake google account, pdhl blog saya kan domain.com
    Hiks...
    ^___^

    -_-_-_-_-_-_- cosmorary.com -_-_-_-_-_-_-

    9 April 2010 21.04  

    Leureus kang, shoutcamp ngaco, menang dng tampilan nya aja.

    Kumaha damang kang ?

    9 April 2010 21.31  

    Kalau ganti template punyaku nuansa pena naik dan yang nuances pen jadi n/a lagi dan keduanya lupa menseokan kembali!

    9 April 2010 21.37  

    Orisinalitas, mungkin benar bang gara-gara nuances pen menayangkan ulang puisi nuansa pena dalam versi inggris, pr nya nol lagi!

    9 April 2010 21.42  

    Wah, Google memang penuh dengan tanda tanya ya ..
    Soal template, saya pernah dengar kalau template yang SEO friendly itu yang sidebarnya ada di sebelah kanan.
    Kalau nggak salah sih ..

    9 April 2010 21.53  

    kate sopo, blog ini ecek2... blog ni keren bro
    yang ecek2 mah tu si JOHN TRILILI :D

    aye malah bingung.. si JT, kagak update posting hmpr sebulan,,, eh s gehel teh naek. kagak ngarti dach.

    ari si curat coret cocoretan malah mugen :D (kayaknya bener pengaruh template, bberpa hari sebelumnya sblm update, template di obrak abrik)

    yah kgak apa2 lahhhhh :D sugan we postingna masih brmnfaattttts.

    eh ari nu mr oom mah, sigana pantes da dipake jualan... link, hehe :D

    9 April 2010 22.18  

    Terima kasih pencerahannya Kang, blog saya yang women's perspectives itu kan blog baru, tapi langsung loncat ke PR 4, bikin kaget juga...

    9 April 2010 22.32  

    ga mudeng ane, soalnya kalo pake software/web backlink checker, link yg di blogroll malah 'lolos' dari itungan. selamat kang naik kelas, mantaf pisan euy :)

    9 April 2010 22.32  

    Mas Tukeran Link donk
    Banner Mas sudah terpasang di BLog saya.
    terima kasih

    9 April 2010 22.43  

    link memang selalu jadi perdebatan kang tapi kalau menurut saya berdasarkan google toolbar memang link pada postingan nggak berPR lain jika sidebar atau halaman utama

    10 April 2010 04.56  

    Google lagi mumet, ayo blogwalking dan sempatkan baca postingan untuk tambah wawasan!

    10 April 2010 07.39  

    Dan menjalankan silaturahmi antar blogger!

    10 April 2010 07.40  

    Mantap PR nya..
    Kang ada award untuk Kang Enes bila berkenan mangga di canak

    10 April 2010 07.42  

    Saya kurang tahu tentang PR. Yang pasti, saya bersyukur karena PR naik dari 2 menjadi 3. Terima kasih infonya, membuat lebih mengerti tentang PR.

    10 April 2010 08.43  

    selamat ya naik PR...
    google baik...

    10 April 2010 08.46  

    Wah jadi ngiri nich sob but sukses slalu yach

    10 April 2010 10.23  

    Ooo, gitu ya, Kang ... Kalau soal load time blog berpengaruhkah?
    Oya, abi tos ngalih deui ka Cbox. Hatur nuhun informasinya

    10 April 2010 10.36  

    ooowh begitu ya
    *mengangguk mengerti

    10 April 2010 11.22  

    kang enes emng slalu ada info yang menarik..
    makasih y kang..

    10 April 2010 12.35  

    Saya jadi tahu banyak tentang cara kerja mbah Google. Ilmu yang dibagi di sini selalu bermanfaat. Kalau aku malah belum pernah check PageRank nih hehehe. Ketinggalan info kali ya?Apa kabar kang? Selamat menikmati akhir pekan bersama keluarga tercinta.

    10 April 2010 13.59  

    Bener pisan lurrr, ari dioprek make elmu "penasaran" bari "Batur bisa, Naha Urang Henteu", sagala ge bisa kabaladah....Pkonamah lanjut terus lurrrr....go ahead be best... Rek ka imah can sempet eung, maklum loba diudag-udag Pangab, alias Pangabutuh....

    10 April 2010 16.05  

    Baru tahu saya, Kang. Pagerank ini apa.

    10 April 2010 19.42  

    Selalu ada info menarik bila kesini, makasih ya kang atas infonya.

    10 April 2010 20.52  

    nuhun kang infona.....najan bari jeung bingung oge da loba kaanehan geuningan....aya blog anu umurna karek sabulan-dua bulan ti 0 langsung luncat ka4 pan luar biasa......aya oge blog anu rame masih tetep 0 teu naek teu turun, malah aya oge anu turun ti 3 jadi 0.

    tapi saurna anu turun rangkingna tungguan we 3 bulan deui saurna pasti balik deui,urang buktikeun we tungguan 3 bulan deui.

    komentarna tos di aos kang....ke urang utak atik deui ah....nuhun.

    10 April 2010 21.19  

    Info yg bermanfaat Kang..., meskipun tetap saja Google sulit ditebak. Hehehe.

    10 April 2010 22.03  

    nice post kang, blog kintaro aja yang tadinya N/A bisa jadi2 PR nya :D

    11 April 2010 00.00  

    Mampir Boz.. Kangen juga dah lama ngga'absen di BLOG yg supeer keereennn ini...
    Suksez Brow...keep it up..

    regards,

    LOL1ds here

    11 April 2010 05.37  

    berarti om gugle gak suka template saya..?

    11 April 2010 08.58  

    iya bener website saya juga waktu 2 minggu ke bbelakang di banned si Mbah adsense,,,, jadi aja sekarang saya main di blog, ternyata lebih asik, blog saya baru saja berumur benih padi udah di approve adsense.... makasih atas sharing ilmunya,,, ok, Coy.... Oy kasih tau saya atuh coy saya minta yang lengkap untuk teks box yang seperti disini tuh di atas kanan saya copas ekh malah punya blog ini semua kebawa kesana, jangan salah paham dulu ya saya belum bisa,, tolong kirm email ke sini gan : pranataazhar@gmail.com terimakasih atas semuanya. jadi ngerepotin dech,,, :)

    11 April 2010 12.52  

    Mo nanya nih kang enes.. klo postingan hasil kopas tapi dicantumkan sumber aslinya, apakah m'Bah google akan menganggapnya sebagai plagiat? Saya biasanya kalau punya ide untuk diposting tapi belum sempat untuk membuatnya, suka kopas dari situs lain dengan mencantumkan sumber aslinya. HATUR NUHUN KANG ENES

    11 April 2010 17.42  

    info yang menarik... thanks..!
    PR google mungkin yang paling menentukan adalah popularitas/jumlah pengunjung dan backlink yang ada, contohnya blog punyaku
    http://kibagusx.blogspot.com/ ini blog yang tidak begitu aku urusin tapi dari dulu PR-nya ndak turun tetap PR-3 aku ganti template juga tetap PR-3.
    Yang penting kita HAPPY BLOGGING AJA..!!

    12 April 2010 11.19  

    makasih tutorialnya....langsung praktek deh

    12 April 2010 14.46  

    Wah infonya benar-benar menarik juga. Tapi menurutku juga backlink juga sangat berpengaruh pada pagerank. Karena dulu aku cenderung pasif untuk tukaran link jadinya selama beberapa bulan aku tetap bertahan di page rank nol. Begitu aku giat blogwalking akhirnya pecah juga tu telur google. Semoga ke depan bisa lebih baik lagi....

    12 April 2010 20.04  

    sebenarnya agak sukar menilai cara kerja embah goggle. ada blog yang ngak di urus dengan sempurna bisa naik pr dan sebaliknya kepada blog yang dijaga rapi. kita sebagai bloger hanya melakukan yang terbaik dan selebihnya terserah pada nasib. yang penting kita harus tetap bersemangat walau apa PR yang di perolehi.

    12 April 2010 23.52  

    Mantaf infonya bro, kayaknya memang sebagai blogger, mau master kek, mau senior kek, kayaknya blogwalinglah yang penting, link exchange kayaknya paling utama, klo udah terkenal trus diem aja ... ga tau deeeh.. emang kenyataannya gitu ..., Salut untuk PR 4nya,, ditunggu kunjungan dan saran-saran untuk blogger pemula ini ... hiks hiks hiks... semoga juga mau link exchange,, maaf klo diem-diem udah aku pasang linkmu sob ... hihihihihi...

    13 April 2010 14.40  

    setuju ma tempalte,,,,dulu waktu pake template side bar di kanan...ada PR nya 1 walaupun br bbrp bulan aja...sekarang utak2 ati template jd n/a...hiks...tp tak apalah yg penting apresiasi corat -coret dan otak atiknya terwujud,,,kekekeke...

    28 Mei 2010 08.33  

    hehehehe.. tris infonya, jadi lumayan tau ttg PR, hehe

    24 Januari 2011 17.26  

    wah mas,, terima kasih bnyak mas,, atas info mendapatkan page rank itu mas, saya pengen coba dapat juga ah,, tapi blog saya masih terlalu newbie untuk bisa dapat PR dari om google.. hihihi..

    29 Maret 2011 22.10  

    mantap bos.
    izin sedot... :D

    7 November 2011 02.50  

    menarik sekali ,,pas buat saya yg lg belajar

    30 Juni 2012 19.07  

    > balibeachguide.com <
    Haturnuhun kana saneskanten pencerahanna juragan,.. salam baktos,..

    31 Agustus 2012 09.23  

    artikelnya bermanfaat banget nih gan, kita jadi lebih mengerti sama si mbah google haha

    15 Maret 2013 13.21  

    Wah infonya sangat bermanfaat sekali gan. izin nyimak ya gan dan jangan lupa update terus artikelnya. Oh iya sob, kapan-kapan saya akan mampir lagi jika ada waktu luang. hehehehehe. jangan lupa di update terus ya blognya. salam kenal.
    Memahami Google Pagerank
    Thanks.

    27 Agustus 2014 20.02  

    terima kasih informasinya
    salam sejahtera dari kami :

    http://salawood78.blogspot.com/
    http://kneight78.blogspot.com/
    http://ayashikoda78.blogspot.com/
    http://boclamp78.blogspot.com/
    http://rapoeblik78.blogspot.com/
    http://beamo78.blogspot.com/
    http://rapbanacore78.blogspot.com/
    http://songolast78.blogspot.com/
    http://newalisme78.blogspot.com/
    http://dinastimic78.blogspot.com/

    20 Agustus 2015 05.59  

    Tambahkan Komentar

    • Dimohon untuk tidak mencantumkan link aktif pada komentar sobat.
    • Gunakan Ruang Tanya pada TabView Menu, jika ingin menanyakan sesuatu yang tidak ada kaitannya dengan artikel di atas.
    Kang eNeS

    Terimakasih atas semua apresiasi yang sobat berikan.

    10 Artikel Terbaru

    10 Artikel Terpopuler