earth

Guestbook

/* Iklan google ads */

Membuat Scroll Pada Halaman Posting Blog

Beberapa waktu lalu saya telah memuat artikel tentang cara membuat scroll pada blok komentar, blog archive, label, link list, dan blog list pada blog ini (SC Community). Dan kali ini, atas tuntutan permintaan salah seorang sobat blogger, saya masih akan membahas seputar scroll tersebut, namun kali ini peletakkannya pada halaman posting blog.

Membuat scroll pada halaman posting dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk mengirit halaman blog, selain menggunakan readmore. Disamping itu, selain caranya yang mudah dibandingkan dengan membuat readmore, scroll pada halaman posting dapat membuat tampilan blog menjadi agak berbeda dari blog-blog lain yang umumnya menggunakan readmore.

Langkah-langkah untuk membuat scroll pada halaman posting ini adalah sebagai berikut:
  • Login ke akun Blogger kamu.
  • Dari halaman Dasbor, pilih Rancangan - Edit HTML.
  • Beri tanda centrang pada Expand Template Widget.
  • Kemuadian cari kode berikut:
    <div class='entry'>
    
    Pada beberapa template kodenya bisa seperti ini:
    <div class='post uncustomized-post-template'>
    
    atau seperti ini
    <div class='post hentry uncustomized-post-template'>
    
  • Setelah ketemu, tambahkan perintah style='height:250px; overflow:auto' kedalamnya, sehingga menjadi seperti ini:
    <div class='entry' style='height:250px; overflow:auto'>
    
    Ukuran tinggi 250px bisa kamu ubah sesuai keinginan kamu.
  • Simpanlah hasilnya lalu ucapkan Alhamdulillah...

Sangat mudah kan?

Ok, segitu aja sob. Semoga bermanfaat .....
  • Artikel Terkait Dengan HTML Tutorials

    Terimakasih sudah membaca artikel SC Community's Blog

    28 komentar

    Coba gak ya....kalau berhasil pasti Kang Enes bis alihat hasilnya nanti.

    23 Juni 2011 pukul 12.05  

    Siiip gan Thanks


    Salam Damai Pantai Ketapang Indah Sidaurip

    \m/'_'\m/

    23 Juni 2011 pukul 21.12  

    Alhamdulillah, di html saya belum berhasil. Ada notifikasi: We were unable to save your template
    Please correct the error below and submit your template again.
    Your template could not be parsed as it is not well-formed. Please make sure that all XML elements are closed properly.
    XML error message: Element type "de-i-ve" must be followed by either attribute specifications, ">" or "/>".

    Hehe.

    Oh ya, Kang Enes, di tempat saya kodenya begini: , tidak ada yang sama persis dengan yang di atas.

    Terima kasih ya, udah memberi tahu saya.
    :::in the verge of despair:::
    Don't worry, just about the verge ^o^

    23 Juni 2011 pukul 23.57  

    Hoo, saya sudah coba. Manjur, ternyata saya sudah kembali ke daerah sanity. Meski sebenarnya yang saya inginkan adalah scroll-nya bukan di semua halaman, tapi pada halaman breadcrumb-nya. Jadi, setelah klik readmore, baru deh itu scroll muncul dengan anggunnya (Ya ampun, anak satu ini pengennya macam-macam!). Soalnya kadang saya posting artikelnya puuanjang banget seperti ingus anak PAUD. Dan kalau scroll ke bawah terlalu panjang. Mungkin juga tips scroll-nya bisa pada artikel tertentu saja --> kalau ini sepertinya harus ketik di halaman new post ya).

    Saya sudah mencoba tips Kang Enes di atas dengan tutup tanda petik tentunya). Halaman home saya jadi terlalu banyak scroll-nya. Halaman saya yang lain juga ikut-ikutan. Hahaha! Jadi tidak cute dan saya urung mengimplementasikannya. Kalau misalnya Kang Enes masih belum bosan sama pertanyaan saya yang itu-itu saja, mohon bantuannya ya. Terima kasih ^_^

    24 Juni 2011 pukul 06.56  

    aq juga pake scroll buat blog templateq kang,biar simple hehehe

    punten ah tos lami teu kadieu,vakumna kalilaan wkwk

    oh ya kang punten menta digentos link atawa bannerna nu lami,di link didieunya,nuhun pisan kang enes he he ^^v

    26 Juni 2011 pukul 12.52  

    siiip..
    coba aku aplikasikan di blogku deh..

    1 Juli 2011 pukul 21.47  

    mantap artikelnya, terimakasih infonnya. .

    12 Juli 2011 pukul 10.32  

    Kang...kang... Artikel kok bisa komplit gini sih! Pasti pahalanya komplit, kang! Insya Allah.

    19 Juli 2011 pukul 18.42  

    Makasih kang tips nya.....cocok kayaknya buat blog saya...

    22 Juli 2011 pukul 19.18  

    BANG gimana cara ngisi menu spt home dll ane udah bikin menu tapi ketika ane tekan home maupun menu yang laen yang muncul postingan yang sama terus bingung aku.... kasih tolong dong....

    26 Juli 2011 pukul 09.54  

    tq gan...nice dech pokoqnya...di tunggu kunjungan baliknya di http://xmantan.blogspot.com

    28 Juli 2011 pukul 13.46  

    kalo yang scrollnya lebarnya juga caranya gimana?

    1 Agustus 2011 pukul 23.13  

    mantap
    kunjungi y http://trik-trik-internet.blogspot.com/
    butuh saran

    12 Agustus 2011 pukul 23.45  

    wah aq g brhasil bh..
    jd gda scroolx blog saya

    23 Oktober 2011 pukul 15.00  

    thanks ya infonya... sangat2 membantu sekali...

    19 Desember 2011 pukul 14.40  

    malem mas bro, link kamu udah aku pasang di http://tvmobil-jun.blogspot.com tukeran yaa,,

    20 Desember 2011 pukul 23.46  

    sip gan thanks infonya
    mampir di blog saya ya www.cuba-tuleh.blogspot.com

    12 Januari 2012 pukul 20.48  

    terima kasih gan ilmunya... sangat bermanfaat sekali... akan saya coba..

    2 Februari 2012 pukul 13.14  

    thank's ilmunya.... mantap

    6 Februari 2012 pukul 22.09  

    gan, gmn caranya membuat scrol untuk tulisan satu paragraf saja pada halaman posting.

    http://pesona-anggrek.blogspot.com

    23 Maret 2012 pukul 19.45  

    g bisa mas ??!!!
    buat yg

    ( div class='post hentry uncustomized-post-template' )

    mw ngasi tanda <> nya UNTUK DI COMENT takut ad tulisan "HTML Anda tidak bisa ditrima: Tag tidak dibolehkan :DIV

    gimna ??
    gini ya !!

    ( div class='post hentry uncustomized-post-template'style='height:250px; overflow:auto' )

    tetep ga bisa ??!!
    plisss Tips nya ?

    27 Maret 2012 pukul 23.25  

    thanks mas bro..

    udh membantu.. script nya..

    maklum lah saya pemula dalam blogger.. :D
    hehe..

    20 Mei 2012 pukul 04.38  

    penerjemah bahasa mandarin said: sob kalau pasang scroll menu sperti ente gimana sob caranya???scroll menu 2 kolom or lebih...thanks

    10 Juni 2012 pukul 08.24  

    saya pun gitu error di bilang nya...ntah lg dah saya pun tak tau lg harus gimna ni kang enez thank's bantuannya....by aga di kofa,aceh

    3 Agustus 2012 pukul 16.47  

    thanks sudah berbagi ilmunya, sukses selalu....

    21 September 2012 pukul 10.51  

    berhasilll gan..

    23 Desember 2013 pukul 10.05  

    Tambahkan Komentar

    • Dimohon untuk tidak mencantumkan link aktif pada komentar sobat.
    • Gunakan Ruang Tanya pada TabView Menu, jika ingin menanyakan sesuatu yang tidak ada kaitannya dengan artikel di atas.
    Kang eNeS

    Terimakasih atas semua apresiasi yang sobat berikan.

    10 Artikel Terbaru

    10 Artikel Terpopuler