earth

Guestbook

/* Iklan google ads */

Dan Larry Page Pun Tak Lagi Meranking Situs?

Isu seputar penghapusan Page Rank akhir-akhir ini merebak di dunia maya. Beberapa situs terkemuka memuat berita tentang masalah ini dengan penuh tanda tanya besar. Apakah benar si Page sudah kelelahan sehingga tidak mau lagi menilai "hasil ulangan siswa-siswi"-nya, yang berimbas pada tidak adanya ranking di kelas Google? Atau hanya sekedar penghentian sementara karena tengah fokus pada persaingan ketat dengan si pendatang baru, Bing, yang merupakan kerjasama antara Microsoft dengan Yahoo?

Munculnya rumor ini akibat pernyataan Susan Moskwa, salah seorang staf Google, tanggal 15 Oktober 2009 pada Forum Webmaster Central, yang mengatakan:
"We've been telling people for a long time that they shouldn't focus on PageRank so much; many site owners seem to think it's the most important metric for them to track, which is simply not true. We removed it because we felt it was silly to tell people not to think about it, but then to show them the data, implying that they should look at it."
dalam terjemahan bebas berarti kira-kira:
Kami telah menceritakan kepada orang-orang dalam jangka waktu panjang bahwa mereka seharusnya tidak memusatkan banyak perhatian pada Pagerank; banyak pemilik situs yang nampaknya berpikir bahwa itu adalah metrik yang paling utama untuk mereka jejaki, hal tersebut tidaklah benar. Kami menghapusnya sebab merasa bodoh untuk tidak menceritakan kepada mereka supaya tidak memikirkan hal itu, akan tetapi untuk menunjukkan data pada mereka, sehingga mereka benar-benar memperhatikan hal itu.

Dari pernyataan tersebut muncul berbagai spekulasi. Ada yang beranggapan bahwa penghapusan Page Rank hanya di Google Webmaster Tools (GWT) sementara pada toolbarnya tidak. Ada juga yang mengatakan ini hanyalah penghapusan temporer yang bersifat sementara. Ada juga yang beranggapan bahwa Google secara perlahan namun pasti akan menghapus sistem Page Rank ini.

Apapun itu, seharusnya kita lebih memperhatikan inti dari pernyataan Susan Moskwa, yaitu: "shouldn't focus on PageRank so much" (jangan terlalu memusatkan banyak perhatian pada Pagerank). Ini yang lebih penting untuk kita perhatikan sehingga kita tidak disibukkan oleh masalah Page Rank tapi melupakan content materi dari situs kita. Karena itu berlombalah dengan mengisi artikel-artikel yang bermanfaat tanpa memperdulikan apakah si Page mau menilainya atau tidak.

Sebagai admin SC Community, saya cukup terkejut ketika mengecek Page Rank SC yang menyamai Page Rank O-om.com dan Fatihsyuhud.com, padahal SC baru go public tanggal 23 Juni 2009 lalu. Sebenarnya, buat saya sendiri berapapun Page Rank-nya tidak menjadi masalah karena sejak awal tidak pernah memusingkan masalah Page Rank, traffics, follower, atau comments post. Kalaulah tidak di-papanas oleh sobat JT yang PR-nya jadi 2, mungkin saya tidak akan mengeceknya.

Yang selalu menjadi perhatian saya adalah bagaimana cara membuat content materi yang mampu memberi mamfaat bagi orang lain. Karena selain SC member dunia maya, banyak the real SC member dunia nyata yang menjadi blogger dan membutuhkan sharing pengetahuan. Mungkin karena itulah Mr. Page memberi sedikit hadiah sebelum melakukan penghapusan pada Google Webmaster Tools. Wallahu a'lam.

Terlepas dari benar tidaknya penghapusan Page Rank ini oleh pihak Google, kita harus tetap memiliki spirit berbagi demi mencerdaskan kehidupan bangsa. So, kenapa kita masih memusingkan PR? Masih banyak PR-PR lain yang harus kita kerjakan. Bukan ngurusin PR yang satu ini!!!
  • Artikel Terkait Dengan Seputar SEO

    Terimakasih sudah membaca artikel SC Community's Blog

    19 komentar

    Pertamax...
    Memang seharusnya begitu kang, gak perlu musingin ini itu pokona mah.
    Sebagai the real SC member, jd terispirasi unk ku tulisan ini. Sayang jarang OL ayeuna mah kang...

    Gud pisanlah postingana...
    Hidup SC!!!

    31 Oktober 2009 06.14  

    Yupz, sepakat. Sy bkn comment ke masalah google, pagerang, & SEO nya tp lebih ke cara pandang orang terhadap sesuatu hal. Memang mem-prioritas-kan sesuatu hal itu perlu, namun bila kita tak bijak dalam melakoninya, prioritas bisa mengabaikan hal-hal lain yang besar kemungkinan justru lebih berarti.
    Maka, "Yang Wajar-Wajar" itu solusinya. Bahasa ngoboi na mah: moderat.

    31 Oktober 2009 06.28  

    Ada benar juga sich Mas, karena ingin PR bagus malah melupakan qualitas content. Namun ada beberapa diantara kita yg butuh untuk bisnis online mereka u/ dapatkan dollar yg mensyaratkan PR bagus. ( GOLDEN INFO : www.gustiandri.blogspot.com )

    31 Oktober 2009 11.16  

    setuju...yang penting menulis setulus hati, memberi manfaat kepada diri sendiri dan orang lain

    kalau saya malah bingung sama PR ituh :D
    salam kenal :)

    31 Oktober 2009 13.02  

    hehe-hehe.
    mikirin PR kagak ada habis2nya. lieur bin pusing. kagak ngarti lagi. Aye sih, posting ada yg baca tanpa komen jg senengnya setengah mati :D

    Curhat: dulu juga wktu SD boro2 bisa ngerjain PR, yang ada malah pules di kelas. eh bu guru cantik itu malah tambah sayang, heran.

    ada pr atau kagak yg penting, HEHE-HEHE I LUVO U FULL

    31 Oktober 2009 13.10  

    lagian pagerank-ku masih bulat telur, lama gak pecah-pecah. pdhl klo di alexa dah naik dikit-dikit. klo soal ginian aq lebih berambisi gimana jadi 10 besar dalam pencarian google, ntah 1 atau 2 artikel dalam blogku

    31 Oktober 2009 14.46  

    kalo dipikirkan emang bikin pusing, benar kata sobat baiknya kita konsentrasi dengan artikel postingan kita, terserah apakah dapat atau tidak yg penting tetap semangat..

    31 Oktober 2009 19.53  

    kuncinya menurut saya tetap semangat dan mau belajar, keberhasilan pasti datang. yang penting sabar..

    31 Oktober 2009 19.55  

    kayaknya sih agak susah bagi Google utk menghapus PR...ini udah jadi trademark mereka. membangun trademark ngga gampang lho..
    biasanya bila kita posting artikel yang unik, asli bukan copas serta berkualitas, praktis PR ikutan naik.
    Happy Blogging!

    31 Oktober 2009 20.42  

    sekedar sharing berbagi info sesuai dengan kemampuan yang aku bisa, awalnya bikin blog. eh ternyata dampaknya besar juga soo banyak pelanggan baru yang datang dari blog..jadi dapat keuntungan 2 deh pertama tambah pelanggan and kedua blog ku dapet PR 2, masalah page rank aku juga blom ngerti jelas yg aku tahu katanya biar si mbah google dapat dgn cepat mengindex blog kita. itu sih pengalamn ku aja mungkin dari sobat ada pendapat lain..??

    31 Oktober 2009 20.45  

    wah...keren artikelnya,salut pak.
    Blog ini PR-nya 3.

    31 Oktober 2009 21.49  

    salam sobat
    wah kalau PR dan semacamnya,,saya ngga memperhatikannya.
    saya tahunya menulis blog,untuk menemani hari2 sepi dikala sendirian di dalam apartemen.

    mungkin blog yang berkualitas saja yang mendapat PR ,,ya,,,?

    31 Oktober 2009 22.49  

    iya sob, setuju saya,coz kadang kita temui blog yang contentnya bagus tapi PRnya malah sebaliknya.
    nah ada juga keywordna yang bagus di SERP tapi isinya malah kumpulah tag, link, dan frase ttg keyword, link sobat udah di add, nuhun kang

    31 Oktober 2009 23.23  

    Kalo saya g terlalu perhatiin PR, yang penting bisa enjoy n bisa ngeblog, sambil berbagi dengan sesama, saling silaturahim tuk jalin persahabatn dan Tetap Semangat...salaam...

    1 November 2009 06.12  

    owh kitunya mang wah gawat kalau begitu pantesan PR ku ilang asalnya PR3 jadi nol besar
    nuhun infona mang

    1 November 2009 08.00  

    Sepakat banget, yang penting terus berkarya dan dapat dimanfaatkan orang banyak

    3 November 2009 00.33  

    Speed is number one :) saya percaya itu, karena itu saya berusaha membuat blog yang tercepat dan sampai saat ini masih belum membanggakan

    4 September 2011 18.45  

    Speed is number one :) saya percaya itu, karena itu saya berusaha membuat blog yang tercepat dan sampai saat ini masih belum membanggakan

    4 September 2011 18.46  

    Tambahkan Komentar

    • Dimohon untuk tidak mencantumkan link aktif pada komentar sobat.
    • Gunakan Ruang Tanya pada TabView Menu, jika ingin menanyakan sesuatu yang tidak ada kaitannya dengan artikel di atas.
    Kang eNeS

    Terimakasih atas semua apresiasi yang sobat berikan.

    10 Artikel Terbaru

    10 Artikel Terpopuler